Membunuh Kebosanan dengan Lebih Produktif selama Karantina Mandiri

Membunuh Kebosanan dengan Lebih Produktif selama Karantina Mandiri
Belajar memasak, salah satu alternatif kegiatan yang bisa dilakukan untuk membunuh kebosanan selama karantina mandiri. (Inibaru.id/ Sitha Afril)

Meski negatif Covid-19, pasien PDP tetap nggak leluasa melakukan kegiatan. Pulang dari rumah sakit, dia harus tetap menjalani karantina mandiri di rumah. Bagaimana caranya agar tidak mudah terkena rasa bosan, ya?

Inibaru.id – Nggak hanya orang dengan status PDP, menurutku, hampir semua orang yang di rumah aja sekarang sudah mulai bosan. Bagaimana tidak, telah berminggu-minggu kita nggak bisa bersosialisasi dengan normal atau pergi ke tempat-tempat yang kita inginkan. Apalagi jika kamu sebelumnya memang hobi nongkrong di luar rumah. Rasa bosan yang melanda tentu jauh lebih parah, bukan?

Nah, untuk membunuh kebosanan ini, ada tips dari Awan (nama disamarkan) yang sempat menjalani isolasi di rumah sakit dengan status PDP. Meski harus dibatasi ruang geraknya untuk beberapa waktu, dia merasa bersyukur karena bisa mengambil jeda dari hiruk-pikuk kegiatan di luar.

“Awalnya aku ngerasa ada yang kurang dari hidup karena nggak bisa jalan dan main bebas kayak dulu. Tapi setelah aku pikir-pikir, enak juga lho jalanin karantina ini. Aku jadi lebih punya waktu buat belajar dan lebih bisa fokus ngerjain tugas.” katanya.

Dari yang biasanya mepet deadline, sekarang jadi bisa lebih ">
Dari yang biasanya mepet deadline, sekarang jadi bisa lebih "in time" untuk urusan tugas.  Hehe, harusnya sih gitu ya, Millens! (Inibaru.id/ Triawanda Tirta Aditya)

Memang sih, di balik pembatasan interaksi ini pasti ada hal-hal positif lain yang akhirnya buat kita jadi bersyukur juga. Salah satunya bersyukur atas  kesempatan untuk lebih mengutamakan kesehatan dan menghargai “me time” yang seringnya terabaikan.

Ngomongin soal “me time”, karena Awan statusnya masih mahasiswa, dia lebih menyarankan waktu menjalani karantina dimaksimalkan untuk menyelesaikan tugas. Apalagi semenjak sistem perkuliahan diubah menjadi daring, tugasnya juga jadi banyak.

Tapi, kalau sudah jenuh, kamu bisa banget untuk maraton nonton film, baca buku, latihan masak dan melakukan hal-hal produktif lainnya. Awan juga menyarankan untuk belajar hal-hal baru agar soft skill kian terasah.

Sesekali buka media sosial juga boleh, tapi jangan keseringan! Soalnya efek dari berita yang ada di medsos bisa ganggu pikiran dan membuat kita stres!

Satu lagi nih, jangan lupa untuk berolah raga! Meskipun hanya 10 menit, usahakan untuk tetap olah raga ringan. Ingat, tubuhmu punya hak untuk dijaga kesehatannya! Jangan cuma nurutin ego buat rebahan aja! Haha.

Sempat-sempatin juga buat berjemur di bawah sinar matahari pagi. Jangan pas siang ya! Nanti bukannya sehat, malah kulitmu yang gosong, Millens! (Sitha Afril/E07)