Membunuh Jenuh Lewat Virtual Holiday Ala Kemenparekraf

Membunuh Jenuh Lewat Virtual Holiday Ala Kemenparekraf
Program Virtual Holiday (Kemenparekraf.go.id)

Berlibur ke destinasi indah di tengah pandemi corona memang mustahil dilakukan. Namun, Kemenparekraf berinovasi dengan membuat program bernama 360 Destinasi Indonesia dan Online Museum. Kita bisa melakukan virtual holiday di sini.

Inibaru.id – Pandemi corona berdampak ke banyak aspek kehidupan manusia, salah satunya adalah dunia pariwisata. Liburan atau jalan-jalan seakan menjadi sesuatu yang haram dilakukan di masa sekarang. Padahal kita tetap membutuhkannya agar nggak mudah stres menghadapi pandemi ini.

Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Kemenparekraf) meluncurkan program 360 Destinasi Indonesia dan Museum Online pada 5 April 2020. Program ini bisa dijadikan pilihan wisata bagi masyarakat yang mulai jenuh berminggu-minggu di rumah aja. Lewat program ini, kita bisa mengakses kumpulan foto maupun video yang menampilkan keindahan alam, karya budaya, maupun museum di Indonesia.

Kita bisa menikmati program ini di https://pedulicovid19.kemenparekraf.go.id/360-destinasi-indonesia-dan-online-museum/.  Program ini menampilkan destinasi wisata seperti Aling-Aling Waterfall di Bali, Kawah Gunung Ijen, Banyuwangi Jawa Timur, dan banyak tempat wisata lainnya dalam bentuk Virtual Reality (VR) Google. Meski hanya gambar atau video 360 derajat, kita bisa merasakan sensasi seakan-akan langsung menikmati perjalanan wisata tersebut.

Selain tempat wisata, kita juga bisa mengunjungi museum, lo. Salah satunya adalah museum Tsunami Aceh yang didirikan pada tahun 2011. Di museum ini, kita bisa mempelajari bencana tsunami yang menghancurkan Aceh pada Desember 2004 silam.

Foto Virtual Holiday (kemenparekraf.go.id)
Foto Virtual Holiday (kemenparekraf.go.id)

Cukup hanya dengan menggunakan gawai seperti ponsel atau laptop di rumah, kita sudah bisa menikmati destinasi-destinasi wisata tersebut. Meski begitu, pastikan bahwa gawai kita telah tersambung dengan jaringan internet, ya?

Selain dengan menikmati virtual holiday yang disediakan oleh Kemenparekraf, kamu juga bisa kok melihat kondisi berbagai tempat di berbagai belahan dunia lewat Google Streetview. Meski begitu, gambar yang disediakan biasanya nggak sebagus yang disediakan oleh program Kemenparekraf.

Setelah tahu ada cara untuk jalan-jalan meski di rumah aja, kamu mau berkunjung ke mana nih, Millens? (Kom/MG31/E07)