Membuka Paket Barang dari Tiongkok, Aman Nggak Ya?

Membuka Paket Barang dari Tiongkok, Aman Nggak Ya?
Aman menerima paket dari Tiongkok (mascargoexpress.com)

Tiongkok adalah tempat awal merebaknya virus corona. Padahal, banyak paket barang yang berasal dari negara tersebut, khususnya jika kamu berbelanja daring. Sebenarnya, apakah benar paket dari Tiongkok berbahaya jika kamu terima?

Inibaru.id – Belakangan ini di berbagai media sosial beredar kabar tentang paket barang dari Tiongkok yang dianggap berbahaya. Paket ini dianggap bisa menyebarkan virus corona. Ketakutan ini disebabkan oleh fakta bahwa Tiongkok dalah negara asal dari Covid-19. Selain itu, paket barang bisa jadi telah dipegang banyak orang. Hanya, apakah kekhawatiran ini memang benar?

Organisasi Kesehatan Dunia (WHO) memastikan bahwa menerima serta membuka paket dari Tiongkok nggak akan mudah memicu penularan virus corona. Hal ini berarti, kamu nggap perlu khawatir dengan berlebihan saat menerimanya.

Pernyataan ini didukung dengan hasil dari beberapa penelitian mutakhir. Penelitian ini membuktikan bahwa virus corona nggak bisa bertahan lama pada permukaan surat dan paket.

Sebagai contoh, sebuah studi yang dipublikasikan dalam The Journal of Hospital Infection mengungkap fakta bahwa virus corona bisa bertahan hidup dalam waktu yang lama di permukaan seperti logam, plastik, dan kaca. Namun, virus ini nggak bisa bertahan lama di permukaan kemasan paket.

Virus baru bisa bertahan hidup apabila didukung dengan kondisi lingkungan tertentu seperti suhu yang tepat, kurangnya paparan UV, dan tempat yang lembab. Berbagai faktor ini sulit ditemukan pada paket pengiriman.

Banyak orang khawatir dengan paket pengiriman barang yang bisa menjadi media penularan Covid-19 (Flickr/Alper Cugun)
Banyak orang khawatir dengan paket pengiriman barang yang bisa menjadi media penularan Covid-19 (Flickr/Alper Cugun)

“Saat ini nggak ada bukti yang mendukung transmisi Covid-19 yang berkaitan dengan barang impor. Selain itu, belum ada kasus Covid-19 di Amerika Serikat yang terkait barang impor,” kata Dr Amesh A. Adalja dari Johns Hopkins Center for Health Security.

Selain menerima paket dari Tiongkok, anjuran untuk nggak makan di restoran khas makanan Tiongkok juga sempat viral. Padahal, makanan di sana nggak ada kaitannya dengan penyebaran virus corona. Meski begitu, ada baiknya memang kamu nggak datang ke restoran atau tempat keramaian lainnya selama pandemi ini.

Jika ingin membeli makanan di luar, sebaiknya dibungkus dan dibawa pulang. Kamu juga bisa memakai opsi memakai jasa membeli makanan yang bisa mengantarkan makanan ke rumah.

Jadi, jangan mudah percaya dengan kabar burung yang  viral namun belum pasti kebenarannya ya, Millens. Selalui jaga jarak, rajin cuci tangan, dan ikuti peraturan protokol keamanan Covid-19! (Med/MG31/E07)