Catatan 2017: Setnov, Tersangka KPK Paling "Fenomenal"

Drama Setya Novanto selalu menjadi perbincangan hangat di masyarakat. Dia menjadi politikus sekaligus tersangka kasus korupsi paling fenomenal sepanjang 2017 ini.

Catatan 2017: Setnov, Tersangka KPK Paling "Fenomenal"
Setya Novanto. (Dpr.go.id)

Inibaru.id – Akhir tahun nggak berarti kasus korupsi juga ikut berakhir ya, Millens. Di antara kasus korupsi yang ada di Tanah Air, korupsi berjamaah KTP-el menjadi yang paling banyak disorot orang sepanjang 2017 ini.  Nah, dari semua tersangka, politikus Partai Golkar, Setya Novanto (Setnov) adalah sosok yang paling banyak menyedot perhatian.

Nama Setnov kembali mencuat ke publik sejak didakwa sebagai tersangka korupsi KTP-el pada 17 Juli lalu. Sehari berselang, dia menggelar konferensi pers, menyatakan dirinya siap menjalankan proses hukum yang berlaku. Namun, saat itu dia menolak mundur dari jabatannya sebagai Ketua DPR RI.

Merasa dirinya nggak patut menyandang status tersangka, Setnov kemudian mengajukan praperadilan pada 4 September. Belum ada keputusan, Setnov sudah dipanggil KPK untuk menjalani pemeriksaan dua kali pada 11 dan 18 September. Namun, Setnov mangkir dengan alasan sakit.

Setya Novanto terbaring di rumah sakit ditemani dengan istri. (Tribunnews.com)

Pada 29 September, praperadilan Setnov dikabulkan. Status tersangkanya pun secara otomatis gugur. Namun, nggak mau menyerah, KPK kembali melakukan penyelidikan. Dia kembali ditetapkan sebagai tersangka untuk kali kedua pada 10 November.

Baca juga:
Presiden Jokowi Jadi Tokoh Termasyhur 2017
Dwina Akhirnya Datangi KPK

Drama pun berulang. Setnov kembali nggak memenuhi panggilan KPK. Dia pun dijemput paksa di rumahnya pada 15 November, tapi Setnov nggak berada di tempat. Sehari setelah itu, Setnov ditemukan mengalami kecelakaan tunggal.

Setnov pun mendapat perawatan intensif. Begitu terlihat sehat, dia langsung ditahan KPK. Dia pun menjalani proses hukum hingga sekarang.

Drama kasus korupsi Setnov ini pun menjadi buah bibir publik. Apapun yang dilakukannya selalu mengundang perhatian. Pelbagai meme Setnov tersebar di media sosial. Saat dia di rumah sakit, kecelakaan, hingga pernyataan-pernyataan kontroversial pengacaranya pun menjadi bulan-bulanan.

Setya Novanto mendapat perawatan setelah mengalami kecelakaan yang mengakibatkan kepalanya benjol. (Viva.co.id)

Meme “benjol sebesar bakpao” dan “tiang listrik” menjadi yang paling marak di media sosial. Nggak cuma meme, ada pula gim “tiang listrik” yang terinspirasi dari Setnov. Belum lagi meme tentang Setnov yang tidur saat sidang. Duh, Papa ternyata sangat menginspirasi para pekerja kreatif ya!

Baca juga:
Terdakwa KTP-el Mengungkap Asal Arloji Mewah Setya Novanto
Tentang “Benjol Sebesar Bakpau” di Pelipis Setya Novanto

Kapan "drama" ini bakal berakhir? Ya, kita nantikan saja. Apa lagi ulah yang bakal dilakukan Setnov? Ya, kita nantikan saja. Namun yang pasti, "fenomena" Setnov selama 2017 ini mengajarkan banyak hal pada masyarakat kita. Apa itu? Hm, ternyata kegetiran kasus korupsi pun masih bisa bikin kita tertawa. Ha-ha. Happy New Year, Millens! (IF/GIL)