Membedah Perbedaan Debat Pilpres Putaran Pertama dan Kedua

Membedah Perbedaan Debat Pilpres Putaran Pertama dan Kedua
Jokowi dan Prabowo akan beradu dalam Debat Pilpres 2019 putaran kedua. (Tirto.id)

Minggu nanti, Debat Pilpres 2019 putaran kedua bakal disaksikan rakyat Indonesia. Debat kedua ini ternyata memiliki beberapa perbedaan dibanding debat pertama, lo. Apa saja ya?

Inibaru.id – Debat Pilpres 2019 akan digelar pada Minggu, (17/2/2019). Dimulai pada pukul 20.00 WIB, debat yang rencananya digelar di Hotel Sultan ini akan mempertemukan calon presiden petahana Joko Widodo dan Prabowo Subianto. Dibandingkan debat Pilpres 2019, ada beberapa hal yang berbeda, lo, dalam debat kedua ini. Yuk, kulik dulu apa saja bedanya!

Lokasi Debat

Jika debat putaran pertama digelar di Hotel Bidakara, Komisi Pemilihan Umum (KPU) kini mengubah lokasi debat di Hotel Sultan, Jakarta Pusat. Sejak awal, KPU memang mengatakan debat pemilu akan diselenggarakan di hotel yang berbeda ya, Millens.

Moderator

Jika Ira Koesno dan Imam Priyono menjadi moderator pada debat pertama, debat kedua akan dimoderatori oleh Tommy Tjokro. Tommy nggak sendiri, ada Anisha Dasuki yang mendampinginya. Wah, nggak sabar melihat gaya kedua pembaca berita ini.

Peserta Debat

Pada debat pertama, setiap kandidat presiden didampingi calon wakil presiden mereka. Nah, di debat kedua ini nggak demikian. Nantinya capres akan diadu dengan capres dan cawapres dengan cawapres. Wah bakal seru ya sepertinya.

Tema Debat

Hukum, Hak Asasi Manusia, Korupsi, dan Terorisme jadi tema debat pilpres pertama. Pada debat kedua, tema yang disoroti tentu berbeda. KPU telah menentukan Energi dan Pangan, Sumber Daya Alam (SDA), Lingkungan Hidup, serta infrastruktur jadi tema bagi kedua calon presiden. KPU juga tengah menyiapkan film pendek yang berhubungan dengan tema.

Nggak Ada Kisi-Kisi

Nah, ini yang bikin greget. Alih-alih memberi kisi-kisi seperti kemarin, kali ini KPU nggak memberi bocoran pada Joko Widodo dan Prabowo Subianto. Sebagai penonton, ini tentu bisa jadi tolok ukur penilaian kita seberapa cakapnya kedua kandidat.

Hm, sudah siap nonton debat atau belum, nih? Supaya nggak tegang, jangan lupa siapkan camilan ya. He-he. (IB15/E05)