Di Balik Kesuksesan Film Avengers: Endgame, 4 WNI Ini Ambil Bagian

Di Balik Kesuksesan Film <em>Avengers: Endgame</em>, 4 WNI Ini Ambil Bagian
Avengers: Endgame (2019). (Marvel Studios)

Pujian untuk film Avengers: Endgame? datang dari para penonton maupun kritikus film. Di balik kesuksesannya, ada empat WNI yang terlibat dalam penggarapan efek visual film ini, lo.

Inibaru.id – Saat ini film Avengers: End Game (2019) tengah menjadi primadona di kalangan penikmat film. Selain jalan ceritanya yang keren, ada banyak hal menarik yang terdapat dalam film tersebut. Salah satunya adalah efek visual yang menghiasi setiap aksi para pahlawan.

Nah, rupanya efek visual yang keren itu nggak terlepas dari tangan dingin animator Indonesia yang terlibat dalam penggaran film ini, lo. Paling tidak, ada empat Warga Negara Indonesia (WNI) yang terlibat dalam pembuatan film ini. Berikut keempatnya.

Denny Ertanto

Hasil gambar untuk denny ertanto

Denny Ertanto. (Instagram/dennyert)

Denny sudah dua kali terlibat dalam proses pengeditan film-film Marvel. Film Avengers: Endgame merupakan film kedua bagi Denny setelah sebelumnya terlibat dalam pengeditan film Avengers: Infinity War (2018).

"Bagian (editing) saya di final battle di mana setelah Hulk reverse snap (menjentikkan jari, membalikkan efek jentikan Thanos). Jadi, pas bagian Avengers Headquarter (Kantor Pusat Avengers) dihancurkan Thanos pakai roketnya," ujar Denny, seperti ditulis laman Kompas, Jumat (3/5/2019).

Nggak hanya itu, Denny juga berkesempatan menggarap beberapa scene visual lain, yakni adegan Tony Stark (Iron Man) saat melawan Thanos.

"Saya juga bikin bagian terakhir digital makeup Tony pas lagi terluka (setelah jentikan yang dilakukan Iron Man)," ujar Denny.

Bagi Denny, menggarap efek visual dari Avengers: Endgame bukan hal yang mudah. Dia membutuhkan waktu sekitar seminggu hingga lima bulan untuk mengerjakan setiap adegan yang menjadi bagiannya.

Selain Avengers, Denny juga sudah menggarap film besar lain seperti War of the Planet of the Apes (2017), Fantastic Beast and Where to Find Them (2016), The Martian (2015), Into the Woods (2014), Cinderella (2015), Hugo (2012), Maze Runner: The Death Cure (2018).

Jefri Haryono

Hasil gambar untuk jefri haryono

Jefri Haryono terlibat dalam pembuatan film Avengers:Endgame. (Twitter/r4inm4ker)

Dalam credit scene film Avengers: Endgame, nama Jefri Haryono menduduki posisi creature technical director dalam. Lelaki asal dari Medan ini diketahui menempuh pendidikan di National Taiwan University (NTU). 

Sebelum ini, Jefri juga menggarap film Avengers: Infinity War (2018), Justice League (2011), Alita: Battle Angel (2019), dan Kung Fu Panda (2008). Dilansir situs IMDB, Sabtu (27/4/2019), saat ini Jefri tengah merampungkan proyek film kedua Wonder Woman, yakni Wonder Woman 1984 (2020).

Ronny Gani

Hasil gambar untuk ronny gani

Ronny Gani juga terlibat dalam pembuatan film Marvel. (Kompas/Andi Muttya Keteng)

Ronny Gani merupakan animator yang menggarap efek visual dan animasi film Avengers: Endgame. Sebelum ini, Ronny juga terlibat sebagai kru film Avengers: Age of Ultron (2015) dan Avengers: Infinity War (2018).  Lebih hebat lagi, keahlian itu dia dapatkan dengan berlatih otodidak, Millens. Wah, keren ya!

Heriyanto Tio

Pria asal Pontianak ini juga berperan sebagai animator dalam Avengers: Endgame.  Hal ini terlihat dari akun Instagram pribadinya @celix24. Dia sempat mengunggah sebuah foto yang menunjukkan namanya di credit tittle film Avengers: Endgame.

Pria yang kini berdomisili di London, Inggris, itu sebelumnya juga pernah menjadi animator di film Mowgli: Legend of The Jungle (2018) dan Alita: Battle Angel (2019).

Wah, keren nih animator-animator Indonesia ini. Bangga, deh! (IB07/E04)