Memasuki Tahun Ke-6, OSC Medcom 2020 Diikuti Peserta dengan IPK Rata-Rata Cum Laude

Memasuki Tahun Ke-6, OSC Medcom 2020 Diikuti Peserta dengan IPK Rata-Rata Cum Laude
Pelaksanaan penganugerahan secara hybrid daring dan luring. (Youtube/ OSC Medcom)

Pada tahun ke-6, seleksi Online Scholarship Competition (OSC) Medcom 2020 tampaknya semakin ketat. Hal ini terlihat dari para peserta yang memiliki IPK tinggi dengan rata-rata 3.6 alias cum laude.

Inibaru.id - Sebanyak 440 dari 41.846 peserta berhasil meraih beasiswa Online Scholarship Competition (OSC) Medcom 2020. Para pemenang beasiswa terdiri atas 380 siswa yang memenangkan beasiswa S1 dan 60 siswa memenangkan beasiswa S2.

Dalam sambutannya, CEO Media Group Mirdal Akib mengatakan, persaingan ketat di OSC Medcom 2020 menghasilkan siswa-siswa terbaik. Sebab, penerima beasiswa memiliki rata-rata nilai IPK yang tinggi.

"Rata-rata IPK-nya sekitar 3,6. Jadi, ini cukup membanggakan kami. Bahkan, pesertanya merata, hampir seluruh provinsi ada," kata Mirdal dalam acara OSC Medcom Virtual Awards 2020, Jumat (29/1/2021).

Mirdal Akib memberikan sambutan. (Youtube/ OSC Medcom)
Mirdal Akib memberikan sambutan. (Youtube/ OSC Medcom)

Para pendaftar OSC Medcom tahun ini diketahui tersebar di berbagai kota, yakni Jakarta, Bandung, Yogyakarta, Semarang, Malang, Surabaya, Makassar, serta Bali. Dari tahun ke tahun, total penerima beasiswa terus meningkat.

Tahun ini, total beasiswa yang digelontorkan mencapai Rp 40 miliar yang diberikan pada 440 penerima.

Sementara, CEO Medcom.id Kania Sutisnawinata menyampaikan rasa bangganya karena OSC Medcom terus hadir hingga memasuki tahun ke-6 pada 2020 ini. 440 penerima beasiswa tersebut nantinya akan melanjutkan pendidikan gratis di 19 perguruan Tinggi Swasta (PTS).

“Melalui OSC, peserta bisa mengikuti seleksi beasiswa dari mana saja asal terkoneksi jaringan internet. Mereka dapat melanjutkan pendidikan dengan beasiswa ke perguruan tinggi impiannya," ungkapnya dalam konferensi pers, Jumat (29/1) pagi.

Para penerima beasiswa OSC 2020. (Youtube/ OSC Medcom)
Para penerima beasiswa OSC 2020. (Youtube/ OSC Medcom)

Kania mengungkapkan bahwa seluruh rangkaian pelaksanaan beasiswa ini dilakukan secara daring demi menyikapi pandemi Covid-19. Pada tahun sebelumnya, metode daring hanya berlaku mulai dari pendaftaran hingga seleksi, sedangkan saat penganugerahan dilakukan secara langsung.

"Justru semakin relevan kompetensi OSC ini dengan pandemi di tengah kita, bahkan kita terkondisikan untuk selalu online setiap saat. Sekarang, semua yang offline memang sudah menjadi online," timpal CEO Media Grup Mirdal Akib.

OSC merupakan kompetisi beasiswa online pertama di Indonesia, diadakan oleh portal berita dan video Medcom.id. OSC hadir untuk memberikan kemudahan bagi putra-putri bangsa agar bisa melanjutkan pendidikan S1 dan S2 dengan menggunakan beasiswa yang diberikan PTS mitra-OSC.(IB27/E03)