Melongok Hasil Undian Grup Piala Dunia 2018 dan Optimisme Sang Juara Bertahan

Hasil undian grup Piala Dunia 2018 menghasilkan laga maut. Juara Eropa Portugal berada satu grup dengan Spanyol, sementara Juara Bertahan Jerman optimistis melewati tim satu grupnya yang rata-rata tim ambisius.

Melongok Hasil Undian Grup Piala Dunia 2018 dan Optimisme Sang Juara Bertahan
Pembagian Grup Piala Dunia 2018 di Rusia (AFP)

Inibaru.id – Mampukah Jerman sebagai Juara Bertahan di Piala Dunia 2014 mempertahankan gelar pada Piala Dunia 2018? Dilansir dari Kompas.com (2/12/2017),  Pelatih tim nasional Jerman, Joachim Loew, optimistis negaranya bisa pertahankan gelar juara pada Piala Dunia mendatang. Hal itu dia ucapkan seusai pengundian grup putaran final Rusia 2018 di Istana Kremlin, Moskwa, Jumat (1/12/2017) malam.

Jerman yang menyandang status sebagai juara bertahan berada di Grup F. Pasukan Joachim Loew tergabung bersama Timnas Meksiko, Swedia, dan Korea Selatan.

"Grup yang sangat menarik," kata Joachim Loew seperti dikutip BolaSport.com dari akun Twitter resmi Jerman.

"Target kami adalah membangun fondasi tim untuk mempertahankan gelar Piala Dunia kami," ucap Loew.

Berdasarkan data dari Cies Football Observatory, Jerman mempunyai rataan usia skuad termuda kedua dari 32 peserta Piala Dunia 2018. Pasukan Joachim Loew memiliki rata-rata usia 25,7 tahun. Keremajaan tim Jerman cuma kalah dari Nigeria (24,9 tahun).

Meski begitu, kualitas panser muda Jerman sudah terbukti dengan menggondol titel Piala Konfederasi 2017. Kala itu, dua dari tiga top scorer teratas turnamen merupakan pemain muda Jerman, yakni Leon Goretzka (22 tahun) dan Timo Werner (21 tahun).

Baca juga:
Yang Menarik setelah Pengundian Piala Dunia 2018
Format Baru untuk Piala Dunia 2026 ala Infantino

Kedua pemain ini mendampingi seniornya, Lars Stindl (29 tahun), dengan sama-sama mengemas tiga gol. Tak heran apabila Loew percaya diri dengan fondasi baru timnya.

Laga Maut

Sementara itu seperti dikutip dari Goal.com (2/11/2017), undian grup Piala Dunia 2018 menghasilkan beberapa laga maut. Dipimpin legenda besar Inggris Gary Lineker dan jurnalis Maria Komandnaya, hasil undian mempertemukan juara Eropa Portugal dan Spanyol di Grup B. Dua tim top dari UEFA ini juga akan meladeni kuda hitam Iran dan Maroko.

Di Grup G tak kalah menarik setelah Belgia terundi dengan Inggris. Panama dan Tunisia harus melewati adangan berat menghadapi dua tim tersebut.

Sementara jawara bertahan, Jerman, bakal menjajal lawan-lawan ambisius di Grup F seperti Meksiko, Korea Selatan, dan Swedia. Tim yang disebut terakhir itu memiliki catatan bagus sebagai tim yang secara spartan menyingkirkan tim unggulan Italia di fase play-off.

Rusia sebagai tuan rumah, terundi dengan seteru-seteru macam Arab Saudi, Mesir dan unggulan dari Amerika Latin, Uruguay di Grup A.

Brasil di Grup E relatif mendapatkan undian mudah setelah tergabung dengan lawan-lawan seperti Swiss, Kosta Rika, dan Serbia. Demikian juga Argentina yang terundi dengan Islandia, Kroasia, dan Nigeria di Grup D.

Rusia dan Arab Saudi akan membuka perhelatan akbar empat tahunan tersebut. Ini merupakan kali pertama dalam sejarah utusan Asia tampil di partai pembukaan Piala Dunia. (EBC/SA)

Baca juga:
Naik 11 Peringkat di Rangking FIFA, Indonesia Unggul Jauh dari Malaysia
Pengaturan Skor IBL Musim 2016/2017 Dikuak

Undian lengkap Grup Piala Dunia 2018:

 

Grup A

Rusia

Arab Saudi

Mesir

Uruguay

 

Grup B

Portugal

Spanyol

Maroko

Iran

 

Grup C

Perancis

Australia

Peru

Denmark

 

Grup D

Argentina

Islandia

Kroasia

Nigeria

 

Grup E

Brasil

Swiss

Kosta Rika

Serbia

 

Grup F

Jerman

Meksiko

Swedia

Korea Selatan

 

Grup G

Belgia

Panama

Tunisia

Inggris

 

Grup H

Polandia

Senegal

Kolombia

Jepang