Melirik Perkembangan Dunia Podcast Saat Ini

Melirik Perkembangan Dunia Podcast Saat Ini
Hari ini makin banyak anak muda mendengarkan podcast. (Inibaru.id/ Triawanda Tirta Aditya)

Podcast kini menjadi sarana penyedia hiburan dan informasi alternatif yang digandrungi kaum milenial. Keberadaannya pun bisa kamu temukan dengan mudah di berbagai platform aplikasi ponsel. Eits, seperti apa sih cerita perkembangan podcast?

Inibaru.id – Podcast Awal Minggu (PAM) yang dibuat oleh komika Adriano Qalbi membuka jalan bagi kebangkitan dunia per-podcast-an Tanah Air. Dibuat pada 2015, PAM masih berkarya hingga saat ini. Keberadaannya pun menjadi pionir dan inspirasi bagi kemunculan podcaster-podcaster baru di Indonesia seperti Subjektif, Makna Talks, dan lain-lain.

“Awalnya itu pertama kali ada Podcast Awal Minggu, yang bikin itu Bang Adriano Qalbi. Stand up comedy-an, penyiar radio. Dibuat tahun 2015. Makanya dia disebut Bapak Perpodcastan Indonesia. Terus berjalannya waktu banyak bermunculan podcast-podcast lain,” kata Ikhlas Alfarisi, pendiri Podcast Kata Pemuda.

Faris menerangkan podcast mulai digemari oleh anak muda sejak 2017-2018. Kini, podcast dinikmati oleh berbagai kalangan, termasuk orang-orang yang pengin jadi influencer, team creator, atau yang ingin memonetisasi podcast.

Faris membuat podcast Kata Pemuda pada akhir 2018 bersama kawannya Eren Dhoheiri. Podcast ini dibuat sebagai ungkapan keresahan terhadap isu-isu publik kontemporer. Keberadaan podcast ini bisa dijadikan sarana bagi anak muda untuk memahami isu-isu yang tengah berkembang.

“Gimana urusan negara dengan warga masyarakat, keputusan-keputusan politik yang punya impact ke kita anak-anak muda. Jadi, podcast ini juga semacam ikhtiar kita buat sama-sama belajar mengerti tentang isu,” kata Eren.

Mendengarkan podcast Kata Pemuda yang membahas isu publik terkini. (Inibaru.id/ Isma Swastiningrum)
Mendengarkan podcast Kata Pemuda yang membahas isu publik terkini. (Inibaru.id/ Isma Swastiningrum)

Moh. Alfarizqy, pendiri podcast Sosiologis! juga mengamini jika podcast kini semakin diminati di Indonesia. Dia memberikan contoh berupa podcast edukasi seperti yang dia geluti. Podcast ini bertema sosiologi yang ternyata juga digemari anak muda. 

“Dari yang edukasi kehidupan, sampai edukasi akademik. Macam-macam. Ada yang diisi tugas sekolah, tugas mata kuliah, hahaha, ada-ada aja. Menuh-menuhin, tapi ya podcast memang sebebas itu,” terang Alfa.

Saat ditanya tentang dampak dari pandemi corona bagi dunia podcast, Alfa mengaku pandemi ini nggak begitu berpengaruh pada penggarapan konten. Hanya, jika durasi pandemi ini berlangsung lama, diperkirakan akan mengganggu proses wawancara karena banyak narasumber yang sulit untuk didatangkan.

Apakah kamu juga sering mendengar podcast, Millens? Podcast apa yang kamu dengarkan sekarang, nih? (Isma Swastiningrum/E07)