Pembangunannya Terhenti di Tengah Jalan, MTs Mathla’ul Anwar Masih Butuh Bantuan

Pembangunannya Terhenti di Tengah Jalan, MTs Mathla’ul Anwar Masih Butuh Bantuan
Bangunan MTs Mathla’ul Anwar. (Medcom.id/Andra)

Fasilitas pendidikan di desa-desa masih belum merata, termasuk pembangunan sekolah. Merespon hal itu, portal berita dan video Medcom.id menyalurkan donasi dari masyarakat melalui program Drive for Edu untuk pembangunan sekolah seperti MTs Mathla'ul Anwar, Banten.

Inibaru.id – Siswa usia SMP di sekitar Kampung Sariyak Layung, Desa Peucang Pari, Cigemblong, Lebak, Banten kini nggak perlu risau lagi mencari tempat belajar. Dulu, mereka mesti berpindah-pindah dari musala, rumah warga, hingga bangunan SD untuk belajar. Saat ini, di kampung tersebut sudah dibangun MTs Mathla’ul Anwar.

Sekolah itu dibangun dengan dana swadaya di atas lahan seluas 2.000 meter persegi. Bangunan ala kadarnya itu terdiri atas tiga ruang kelas. Satu di antaranya disekat menjadi ruang guru.

Di tengah pembangunannya, MTs Mathla’ul Anwar terhenti karena keterbatasan biaya. Sekolah yang mulai dibangun sejak Januari 2019 itu memang hanya disokong dana swadaya guru dan masyarakat sekitar Kampung Sariyak Layung sehingga masih belum cukup mengakomodasi semua biaya pembangunan.

“Kalau memang sampai ingin dibangun permanen dengan menambah kelas lumayan juga yang dibutuhkan. Sekitar Rp 700 juta lebih,” jelas Fudin, Kepala MTs Mathla’ul Anwar kepada Medcom.id, Jumat (10/5/2019).

Kini, siswa MTs Mathla'ul Anwar juga semakin bertambah. Kalau dulu hanya ada tiga siswa, saat ini sudah ada 48 siswa yang terbagi dalam kelas 7,8, dan 9. Karena itu, perlu ruangan yang lebih luas lagi supaya para siswa lebih nyaman saat belajar.

Ruang kelas yang disekat dengan ruang guru. (Medcom.id/Andra)

Selain ruang kelas, mereka juga membutuhkan sarana belajar lainnya. Fudin mengungkapkan, MTs Mathla’ul Anwar sangat membutuhkan buku pelajaran, buku tulis, dan lemari buku.

Merespons hal itu, Medcom.id melalui program donasi pendidikan bertajuk Drive for Edu memilih MTs Mathla’ul Anwar sebagai salah satu sekolah yang akan menerima donasi dari masyarakat di tahap pertama. Drive for Edu diharapkan mampu menjembatani masyarakat yang pengin berkontribusi terhadap kemajuan pendidikan Indonesia.

Jalanan menuju MTs Mathla’ul Anwar. (Medcom.id/Andra)

Melalui Drive for Edu, peran aktif pihak swasta dan masyarakat diyakini dapat mendorong pemerataan akses dan kualitas pendidikan di Indonesia.

Bila sobat Millens pengin ikut berkontribusi dalam memajukan pendidikan Indonesia, salurkan donasimu melalui program Drive for Edu Medcom.id yuk! Kamu bisa mengirim donasi ke rekening Bank BCA cabang Kedoya Baru dengan nomor rekening: 309-077-8080 atas nama Yayasan Media Group.

Donasi darimu tentu akan sangat berarti bagi siswa-siswa sekolah di seluruh negeri yang membutuhkan bantuan. Mumpung Ramadan, katanya pahalanya bakal berlipat ganda, lo. Yuk, berdonasi! (IB10/E04)