Medcom.id dan Homecare24 Adakan Rapid Test Massal di Surabaya

Medcom.id dan Homecare24 Adakan Rapid Test Massal di Surabaya
Tes rapid yang diadakan Medcom.id di Surabaya. (Medcom/Amaluddin)

Demi mendukung pemerintah menekan mata rantai penularan Covid-19, Medcom.id mengadakan rapid test massal di Surabaya. Siapa saja yang bisa melakukan tes ini, ya?

Inibaru.id – Bersama dengan Homecare24, Medcom.id kembali mengadakan rapid test massal gratis. Kali, ini, tes massal dilakukan di halaman Stasiun Kereta Api Gubeng Baru pada Selasa (28/7/2020) lalu.

Berdasarkan keterangan Manager Partnership Medcom.id Edwin Pratama, tes cepat massal ini digelar Selasa dan Rabu (28-29/7). Sekitar 800 orang menjalani tes ini.

“Kuota 800 ini sudah penuh, makanya digelar dua hari. Hari ini (Selasa) 400, dan besok (Rabu) 400 orang,” ucap Edwin.

Sasaran rapid test kali ini adalah masyarakat umum. Proses tes juga dilakukan dengan dua metode, yakin antrean bagi mereka yang berjalan kaki dan lantatur (layanan tanpa turun/ drive-thru) bagi mereka yang memakai kendaraan pribadi.

Satu hal yang pasti, kedua metode ini telah memperhatikan standar protokol kesehatan demi mencegah penularan Covid-19.

“Metode drive thru diterapkan agar nggak menyebabkan kerumunan sekaligus memudahkan masyarakat yang memakai kendaraan pribadi. Bagi para pejalan kaki, antreannya diatur agar tetap berjarak,” lanjutnya.

Ilustrasi: Tes pendeteksian virus corona. (Inibaru.id/ Triawanda Tirta Aditya)<br>
Ilustrasi: Tes pendeteksian virus corona. (Inibaru.id/ Triawanda Tirta Aditya)

Pemilihan Surabaya sebagai lokasi rapid test lantaran Kota Pahlawan merupakan daerah dengan kasus Covid-19 tertinggi secara nasional. Tercatat, hingga Selasa (28/7), sudah ada 8.240 orang yang positif Covid-19. Sebanyak 748 orang bahkan meninggal akibat penyakit ini.

Selain menggelar tes di Surabaya, Medcom.id juga telah menggelar rapid test massal gratis di DKI Jakarta, Jabar, dan Jateng. Rencananya, tes akan digelar di seluruh provinsi di Tanah Air, khususnya yang memiliki kasus Covid-19 cukup tinggi layaknya Surabaya.

Erwin menyebut, tujuan dari pengadaan rapid test massal gratis ini demi membantu pemerintah menekan penyebaran penularan virus corona. Selain bekerja sama dengan Homecare24, tes ini juga terealisasi berkat dukungan Dinas Kesehatan setempat.

“Kalau ada peserta tes yang reaktif, akan langsung dibawa ke hotel observasi yang telah disiapkan Pemerintah Kota (Pemkot) Surabaya untuk dilakukan tes swab,” pungkas Edwin.

Semoga saja semakin banyak tes gratis untuk mendeteksi virus corona sehingga kasusnya bisa semakin dikendalikan, ya Millens. (Med/IB09/E03)