Mbah Moen Wafat, Umat Islam Indonesia Berduka

Mbah Moen Wafat, Umat Islam Indonesia Berduka
Mbah Moen. (Aktual)

Kiai Maimoen Zubair atau yang dikenal dengan Mbah Moen diketahui meninggal dunia saat menjalankan ibadah haji di Makkah, Arab Saudi pada Selasa (6/8/2019) pagi.

Inibaru.id – Tokoh Nahdlatul Ulama (NU) kharismatik Maimun Zubair atau yang lebih dikenal dengan nama Mbah Moen dikabarkan meninggal dunia saat menjalankan ibadah haji di Makkah, Arab Saudi. Mbah Moen meninggal hari ini, Selasa (6/8/2019) pukul 04.17 waktu setempat.

Laman CNN Indonesia, Selasa (6/8) menulis, kabar meninggalnya pemimpin Pondok Pesantren Al-Anwar yang ada di Sarang, Rembang, Jawa Tengah ini dikonfirmasi Sekretaris Jenderal Pengurus Besar PBNU Helmy Faishal Zaini.

“Iya, baru saja, info sementara yang saya terima dari Gus Rozin benar,” ungkap Helmy.

Belum jelas apa penyebab meninggalnya Mbah Moen. Ketua Majelis Syariah Partai Persatuan Pembangunan (PPP) ini diketahui meninggal di usia 90 tahun.

Selain dikenal sebagai ulama kharismatik yang dihormati semua lapisan masyarakat, Mbah Moen juga dikenal sebagai orang yang sering dikait-kaitkan dengan dinamika politik Indonesia. Sebagai contoh, saat Pilpres 2019 lalu, Mbah Moen bahkan sampai ditemui dua calon presiden, yakni Joko Widodo (Jokowi) dan Prabowo Subianto.

Prabowo bertemu dengan Mbah Moen pada 29 September 2018. Saat itu, Prabowo menolak mengakui kunjungannya ke Pondok Pesentren Al Anwar sebagai ajang mencari dukungan, melainkan hanya melakukan silaturahmi.

Pada Acara Hari Lahir ke-46 PPP pada 28 Februari 2019, Mbah Moen bahkan sampai mendoakan Presiden Jokowi mampu menjalankan pemerintahan periode kedua dengan lebih baik. Hal ini dianggap sebagai sinyal Mbah Moen mendukung Jokowi. Bahkan, Jokowi diketahui diberi sorban berwarna hijau oleh Mbah Moen.

Sebelum berangkat ke Tanah Suci, Mbah Moen juga sempat bertandang ke kediaman Megawati di Jalan Teuku Umar, DKI Jakarta pada 27 Juli 2019 lalu.

Segenap redaksi Inibaru.id turut berduka cita. Semoga amal ibadah Mbah Moen diterima Allah SWT, ya, Millens. (IB09/E04)