Mau Sahur on The Road? Patuhi 5 Hal Ini Ya!

Mau <em>Sahur on The Road</em>? Patuhi 5 Hal Ini Ya!
Ilustrasi sahur on the road. (Antara Foto/Adiwinata Solihin)

Bercengkerama sembari beribadah dapat ditemukan dalam kegiatan sahur on the road. Jika dilakukan sesuai aturan, kegiatan ini nggak menimbulkan keresahan di masyarakat, kok.

Inibaru.id – Selain buka bersama, anak muda masa kini biasanya mengadakan sejumlah agenda untuk menyemarakkan momen Ramadan. Salah satunya adalah melaksanakan sahur on the road (SOTR). Aktivitas berbagi sahur di sejumlah titik jalanan kota itu jamak dilakukan dan dipastikan dapat meramaikan jalanan.

Nggak jarang jika aktivitas semacam itu dapat mengganggu warga karena nggak dilakukan sesuai aturan. Agar agenda SOTR kamu nggak dianggap mengganggu, perhatikan hal-hal berikut yuk!

Pilih Lokasi yang Tepat

Pilihlah lokasi yang minim risiko mengganggu kenyamanan umum. (Motorexpertz)

Pastikan lokasi yang kamu kunjungi untuk kegiatan SOTR nggak berada di jalur hijau atau tempat yang nggak terbuka untuk umum. Agar lebih nyaman dan aman, lakukan SOTR di jalanan atau tempat yang memang menjadi titik kumpul atau ikon kotamu.

Kantungi Izin dari Kepolisian

Petugas kepolisian akan membantu kegiatan SOTR jika kamu mengantungi izin. (tribratanews.jateng.polri)

Laman Asumsi, Senin (6/5/2019) menulis, SOTR harus mengantungi izin dari kepolisian. Nggak bisa dimungkiri kalau SOTR kemungkinan besar akan mengganggu lalu lintas, terutama jika dilakukan dalam bentuk konvoi. Dengan mengantungi izin dari kepolisian, kegiatan SOTR tentu akan mendapat pengawalan dari polisi yang juga bertugas untuk mengatur lalu lintas.

Jangan Merusak Fasilitas Umum

Salah satu bentuk vandalisme saat SOTR. (MI/Immanuel Antonius)

Untuk alasan apapun, jangan melakukan tindakan yang dapat merusak atau mengotori fasilitas umum ya, Millens. Pastikan jangan merusak atau mengotori taman, pagar, dan melakukan vandalisme. Lakukan SOTR dengan sewajarnya saja, ya.

Membuang Sampah pada Tempatnya

Buanglah sampah sisa kegiatan SOTR pada tempatnya. (s.picmix)

Aktivitas SOTR tentu didominasi dengan makan sahur menggunakan makanan dalam kotak. Seusai SOTR, jangan tinggalkan sampah bekas wadah makananmu begitu saja. Taruhlah di tempat sampah terdekat atau bawa sendiri kantung sampah untuk membuang sampah. Meninggalkan sampah begitu saja di lokasi SOTR tentu akan mengganggu kenyamanan dan merusak keindahan.

Patuhi Aturan Lalu Lintas

Ilustrasi konvoi saat SOTR. (Antara Foto/Muhammad Adimaja)

SOTR nggak lengkap kalau nggak dilakukan dengan cara konvoi dengan kendaraan bermotor. Mengasyikkan memang, namun jangan abaikan keselamatan diri, ya. Pakailah atribut keamanan lalu lintas seperti helm dan jaket. Jangan naik ke atap atau kap mobil dan jangan nyalakan klakson secara bersahut-sahutan.

Berkumpul sambil beribadah dapat dicapai melalui kegiatan SOTR. Namun, perlu diingat agar kegiatan SOTR yang kamu lakukan tetap mengutamakan keselamatan dan kenyamanan semua pihak, ya! (IB10/E04)