Permudah Wisatawan, Tiket Masuk Gunung Ijen Dijual secara Daring Mulai 2019

Gunung Ijen adalah magnet yang kuat bagi wisatawan untuk berkunjung ke Banyuwangi. Untuk memudahkan wisatawan dalam membeli tiket, mulai tahun depan, tiket masuk dijual secara daring.

Permudah Wisatawan, Tiket Masuk Gunung Ijen Dijual secara Daring Mulai 2019
Jalur pendakian Gunung Ijen. (Batcaveminis)

Inibaru.id – Mulai 2019, para wisatawan yang hendak mengunjungi Gunung Ijen nggak perlu khawatir kehabisan tiket. Ini karena tahun depan, pengelola Gunung Ijen bakal menjual tiket secara daring untuk mempermudah wisatawan yang pengin mendaki salah satu magnet wisata di Jawa Timur itu.

Kompas.com, Selasa (4/12/2018) menulis, Kepala BKSDA Wilayah V Jawa Timur, Sumpena menyebut penjualan tiket secara daring ini juga mempermudah pemantauan jumlah pendaki gunung sehingga nggak melebihi daya tampung lokasi.

“Yang pasti, jumlah pendaki harus dibatasi kurang dari seribu per hari. Untuk detailnya masih dalam kajian, tapi mulai 2019 tiket masuk bisa dibeli melalui agen perjalanan online,” jelas Sumpena.

Kendati demikian, selama masa uji coba, pihak pengelola tetap menyediakan tiket secara manual di kawasan Paltuding meskipun jumlahnya maksimal hanya 100 lembar. Hal ini dilakukan untuk mengantisipasi kemungkinan adanya pengunjung yang belum mengetahui aturan baru.

“Proses pembelian tiket mirip dengan tiket kereta. Kalau habis ya harus pesan tiket yang berlaku di hari lain. Jadi para pendaki bisa benar-benar mempersiapkan dengan baik, bukannya mendadak memutuskan untuk mendaki karena bisa berbahaya,” kata Sumpena.

Selain perubahan proses penjualan tiket masuk, pada 2019 nanti gunung yang terkenal dengan blue fire ini juga akan ditutup secara rutin pada Jumat pertama setiap bulan. Keputusan ini diambil agar alam juga diberi kesempatan untuk “beristirahat”. Selain itu, di hari penutupan ini, komunitas atau masyarakat setempat juga bisa melakukan pembersihan lokasi sehingga alamnya tetap terjaga.

“Alam juga butuh jeda dari ratusan pendaki. Apalagi di hari libur bisa sampai melebihi 2 ribu orang,” terang Sumpena.

Wah, semakin mudah saja nih! Dengan membeli tiket masuk secara daring, kamu bisa merencanakan jadwal pendakian sejak jauh hari, Millens. Kamu juga bisa mempersiapkan kebutuhanmu dengan lebih baik. Iya, kan? (IB09/E04)