Mau Mahir Main Freestyle Football? Kuasai Dulu 5 Trik Dasar Ini 

Mau Mahir Main Freestyle Football? Kuasai Dulu 5 Trik Dasar Ini 
Ketua ACTFF Yoshua Kelvin Danuwidjojo sedang memperlihatkan kebolehannya. (Inibaru.id/ Audrian F)

Bermain freestyle football itu nggak gampang. Perlu latihan tekun dan pantang menyerah. Paling nggak ada 5 teknik dasar yang lebih dulu harus kamu pelajari sebelum bisa perform. Apa saja ya?

Inibaru.id - Untuk bisa menampilkan atraksi keren bermain Freestyle Football seperti para anggota Action Freestyle Football Semarang (ACTFF), paling nggak ada 5 trik dasar yang harus kamu kuasai.

Eits, sebelum itu jangan salah pilih sepatu ya. “Intinya sepatunya ringan. Jenisnya sih nggak ada batasan. Bisa sepatu ket, futsal atau running,” kata Yoshua Kelvin Danuwidjojo, Sabtu (11/1).

Nah kalau sudah pakai sepatu yang sesuai, kata Lintang, anggota ACTFF, kamu sudah siap mempelajari gaya-gaya berikut ini. Apa saja ya?

 1. Juggling

Teknik pertama Juggling. (Inibaru.id/ Audrian F)<br>
Teknik pertama Juggling. (Inibaru.id/ Audrian F)

Juggling merupakan trik dasar dari banyak jenis trik di freestyle football. Gerakannya dengan memantulkan-mantulkan bola di atas kaki kanan maupun kiri. Usahakan bola jangan sampai jatuh.

Meskipun dasar dan sepele, namun juggling merupakan aspek paling penting dalam menunjang semua trik. Lakukan gerakan ini secara berulang-ulang ya. Kalau mau segera bisa, disarankan berlatih setengah atau satu jam dalam sehari.

2. Around the World

Yang ini namanya Around The World. (Inibaru.id/ Audrian F)<br>
Yang ini namanya Around The World. (Inibaru.id/ Audrian F)

Around The World merupakan tahap selanjutnya. Tahap ini lebih sulit lagi. Caranya dengan melakukan juggling beberapa kali kemudian angkat sedikit bola dan putarkan kakimu pada bola itu. Gerakan ini harus dilakukan secara berulang-ulang.

Kalau mau menguasai gerakan ini butuh kelenturan dan keringanan kaki. Jadi kamu juga harus banyak melatih kemampuan kakimu. Agar dapat melakukannya disarankan banyak latihan beban pada kaki. Masuk akal kan kenapa kamu butuh sepatu ringan seperti saran Yoshua?

3. Hop The world

Hm, gampang apa susah nih melakukan Hop The World? (Inibaru.id/ Audrian F)<br>
Hm, gampang apa susah nih melakukan Hop The World? (Inibaru.id/ Audrian F)

Setelah bisa Around The World, kamu bisa mencoba gerakan Hop The World. Cara melakukannya dengan juggling bola terlebih dahulu kemudian angkat bola lebih tinggi Kamu bisa mulai dari kaki kiri. Saat bola turun, dengan cepat putarkan kakimu melewati bola tersebut. Gerakannya ke dalam ya.

4. Cross Over

Teknik berikutnya Cross Over. (Inibaru.id/ Audrian F)<br>
Teknik berikutnya Cross Over. (Inibaru.id/ Audrian F)

Dalam melakukan Cross Over pertama-tama lakukan juggling bola dulu seperti biasa. Lalu angkat bola dengan salah satu kaki. Kalau misalnya kamu mulai dari kaki kanan, saat bola itu mulai turun, masukkan kaki kiri dengan melingkari bola tersebut. Kemudian terima bola tadi dengan kaki kanan lagi.

5. Neckstall

Ini yang namanya Neckstall. (Inibaru.id/ Audrian F)<br>
Ini yang namanya Neckstall. (Inibaru.id/ Audrian F)

Kalau dilihat dari namanya, kamu mungkin bisa menebak, gerakan ini berpusat di bagian tubuh yang mana. Yap, di leher! Namun bukan berarti nggak menggunakan kaki.

Gerakannya adalah lakukan juggling kemudian angkat bola namun lebih tinggi dari biasanya. Saat bola akan turun, langsung tundukan kepalamu agar bola tersebut bisa mendarat di leher. Meskipun tampak mudah, gerakan ini nggak sepele. Butuh insting dan ketepatan yang harus dilatih secara berulang-ulang.

Menurut Yoshua, dalam menguasai freestyle setiap orang memiliki tingkatan masing-masing. Tergantung bagaimana kerja keras juga latihan yang rutin. Selamat mencoba ya, Millens. (Audrian F/E05)