Mau Hidup Sehat dan Panjang Umur? Hentikan Kebiasaan Ini Sekarang Juga

Mau Hidup Sehat dan Panjang Umur? Hentikan Kebiasaan Ini Sekarang Juga
Hentikan kebiasaan-kebiasaan buruk ini jika mau panjang umur. (iStock via Detik)

Hidup sehat dan panjang umur tentu menjadi dambaan banyak orang. Sayangnya, kebiasaan-kebiasaan ini membuat impian tersebut bakal sulit dicapai. Apa saja?

Inibaru.id – Siapa bilang hidup sehat hanya bisa dicapai dengan makan sehat dan olahraga? Kebiasaan sehari-hari yang dilakukan dengan benar juga bisa membuat kamu hidup lebih lama. Kalau kamu pengin doa ketika ulang tahun yaitu panjang umur dapat terkabul, hentikan beberapa kebiasaan di bawah ini.

1. Memendam Semuanya Sendiri

Kamu mungkin berpikir untuk nggak bercerita kepada orang lain perihal masalah yang kamu hadapi. Tapi hal ini nggak selamanya baik untuk kesehatan. Bersosialisasi dapat menjadi pendorong umur panjang yang baik.

Kegiatan ini dapat membantumu mengelola stres dan memperkuat sistem imun.  Jalinan hubungan yang baik membuatmu tetap kuat. Sebaliknya, hubungan yang buruk bisa memicu timbulnya pikiran negatif dan menempatkanmu pada risiko stres dan depresi. Jadi, curhat saja kepada orang yang bisa kamu percaya!

2. Multitasking

Fokuslah pada satu pekerjaan. (Funbuzztime)
Fokuslah pada satu pekerjaan. (Funbuzztime)

Kebanyakan orang akan berpikir untuk mengerjakan semua hal secara bersamaan untuk menghemat waktu. Padahal, hal ini bisa membuatmu kurang fokus. Coba deh pilih satu perubahan kecil pada satu waktu, seperti bangun 10 menit lebih awal di pagi hari untuk menyiapkan sarapan.

Aktivitas singkat setiap hari bisa menuai manfaat besar bagi umurmu. Dalam hal ini konsisten menjadi sangat penting. Selain itu, bangun terus motivasi untuk mengubah hal buruk sedikit demi sedikit ke arah yang lebih sehat.

3. Malas Hidup Sehat

Logikanya, nggak ada orang panjang umur tanpa dibarengi dengan hidup sehat. Kalaupun ada orang berumur panjang dengan gaya hidup sembarangan, sudah bisa dipastikan lebih banyak sakitnya. Tentu setiap orang pengin hidup lama dan tetap sehat.

Karena itu, jangan malas untuk hidup sehat seperti berolahraga dan makan makanan sehat. Selain itu, kamu juga harus hidup lebih disiplin seperti berhenti merokok dan mengurangi kecepatan ketika berkendara. Intinya, hiduplah sehat selama masih ada waktu.

4. Mengurangi Waktu Istrahat

Tidur yang berkualitas dapat mempengaruhi umur. Dalam studi epidemiologi, tidur terlalu sedikit (kurang dari enam jam) atau lebih banyak (lebih dari sembilan jam) terbukti menempatkan orang pada risiko kematian yang lebih besar. Tidur malam yang baik bisa membantumu mencegah stres, depresi, dan penyakit jantung.

5. Stres

Sama halnya dengan kemarahan, stres memiliki dampak buruk pada tubuh dan sebenarnya bisa mempersingkat hidup. Kamu dapat meningkatkan kesehatan dalam jangka panjang dan membuat hidup lebih berkualitas dengan mengurangi stres.

Kamu bisa mencoba menulis jurnal atau buku harian, bermeditasi, dan belajar rileks untuk menghilangkan stres. Otak bakal sedikit “libur” dari kecemasan ketika kamu melakukannya.

Memang, nggak ada yang mengetahui atau mengatur panjang pendeknya usia seseorang. Tapi, hidup sehat dan bebas risiko itu pilihan yang bisa kamu ambil untuk hidup yang lebih baik. Jadi, kamu sudah menghentikan kebiasaan-kebiasaan buruk di atas belum, Millens? (Fim/IB21/E01)