Mau Ganti Kata Kunci Twitter? Ikuti Langkah Ini!

Twitter mengimbau 330 juta penggunanya untuk ganti kata kunci. Serangan bug alias celah keamanan yang sempat menyerang medsos itu membuat kata kunci pengguna rawan dimanfaatkan oknum tertentu.

Mau Ganti Kata Kunci Twitter? Ikuti Langkah Ini!
Ilustrasi Twitter (Kompas.com)

Inibaru.id – Sebuah bug alias celah keamanan menyerang Twitter, Jumat (4/5/2018) pagi. Itu memungkinkan kata kunci pengguna Twitter yang berjumlah 330 juta terketahui karena berupa plain text. Hal ini lantaran bug membuat sistem acak karakter kata kunci Twitter tak berfungsi.

Buru-buru pihak Twitter mengimbau semua pengguna untuk ganti kata kunci. Ini termasuk kata kunci sama yang dipakai untuk selain Twitter. Yap, karena ada juga orang yang memakai kata kunci sama untuk banyak akun medsos atau surel.

Nah, Sobat Millens, kemungkinan kamu sudah melaksanakan imbauan itu. Bagi yang belum dan Pengin ganti kata kunci akun Twitter, ikuti langkah ini:

1. Buka aplikasi Twitter di smartphone Android atau iOS, lalu sentuh foto akun di bagian kiri atas. Masuk ke menu "Setting and Privacy";

2. Berikutnya, masuk ke menu "Account", lalu pilih menu "Password (kata kunci)";

3. Anda akan diminta untuk memasukkan kata kunci lama yang sudah digunakan, lalu masukkan kata kunci baru di dua kolom di bawahnya;

4. Setelah memastikan dan mencatat kata kunci baru, sentuh pilihan "Change Password", maka kata kunci Twitter sudah berganti dan akun Anda jadi lebih aman;

5. Bila menggunakan web Twitter, maka Anda bisa klik foto profil Anda di bagian kanan atas. Kemudian pilih "Setting and Privacy" dan lanjutkan ke kolom "Password" untuk memasukkan kata kunci lama dan kata kunci baru.

Nah, bila sudah selesai mengganti kata kunci, bolehlah kamu menarik napas lega. Sering mengganti kata kunci untuk semua akun media sosial itu pilihan yang bijak, lo. Eits, tapi kamu juga jangan sampai lupa kata kuncinya ya. He-he (IB02/E04)