Mau Filler Hidung Seperti Kekeyi? Ketahui Dulu Efek Samping Berikut Ini!

Mau Filler Hidung Seperti Kekeyi? Ketahui Dulu Efek Samping Berikut Ini!
Foto sebelah kanan, Kekeyi usai filler hidung. (Instagram/@rahmawatikekeyiputricantikka23 via Dream)

Baru-baru ini youtuber Kekeyi membuat publik heboh pasca-melakukan prosedur filler hidung. Beberapa warganet berkomentar hidungnya jadi lebih mancung. Filler hidung memang dapat membuat efek lebih mancung atau bervolume. Tapi, belum tentu prosedur ini bebas efek samping. 

Inibaru.id – Banyak orang yang nggak puas dengan bentuk hidungnya melakukan filler. Meski hasilnya nggak permanen, filler memungkinkan seseorang memiliki hidung yang lebih mancung atau sesuai keinginan dalam waktu singkat. Prosedurnya juga nggak melibatkan pisau bedah yang bikin ngilu. Nggak heran jika filler hidung cukup diminati.

Salah satu influencer yang dengan terang-terangan melakukan filler hidung adalah Rahmawati Kekeyi Putri Cantikka atau yang lebih dikenal dengan Kekeyi. Prosedur ini dia lakukan di sebuah klinik kecantikan di Surabaya. Nggak pakai lama, hasil filler bisa langsung kelihatan. Banyak warganet yang ikut melontarkan pujian kepada perempuan yang viral karena berbagi tips makeup dengan balon berisi air ini. Menurut mereka hidung Kekeyi lebih mancung dari sebelumnya.

Dalam dunia kecantikan, filler hidung bukanlah hal baru. Metode ini dianggap cukup worth it karena pasien langsung dapat melihat hasilnya dan bertahan beberapa bulan. Luka yang diakibatkan filler hidung juga kecil. Berbeda dengan operasi hidung yang butuh berminggu-minggu.

Hm, kalau kamu juga berniat melakukan filler hidung Kekeyi, ada baiknya membaca informasi berikut ini terebih dahulu. Pasalnya, ada efek samping serius yang mesti kamu tanggung jika prosedur ini dilakukan oleh sembarang orang.

Infeksi

Efek samping yang mungkin bakal kamu dapatkan usai filler adalah infeksi. Jadi, suntikan pada prosedur ini mengakibatkan luka kecil pada tubuh. Jika alat yang digunakan nggak terjamin bersih, infeksi bisa saja terjadi.

Benjolan

Beberapa orang mungkin mengalami benjolan sebagai reaksi peradangan kronis. Hal ini terjadi karena kulit berusaha untuk membungkus cairan filler dalam suatu kapsul.

Prosedur filler hidung harus dilakukan dokter bedah kecantikan berlisensi. (Sehatku)
Prosedur filler hidung harus dilakukan dokter bedah kecantikan berlisensi. (Sehatku)

Perubahan Warna Kulit

Warna kulit juga bisa berubah sebagai efek samping filler hidung. Cairan asam hialuronat yang terkandung dalam filler bisa saja memantulkan cahaya pada spektrum tertentu. Jika cairan ini disuntikkan terlalu dekat dengan permukaan kulit, kamu bisa mendapati warna kebiruan pada kulit (efek Tyndall).

Alergi

Prosedur filler juga bisa menyebabkan reaksi alergi yang nggak terduga, meski hal ini jarang terjadi. Ada banyak reaksi alergi dari efek filler hidung, mulai dari alergi ringan seperti ruam merah, hingga yang berat dan mengancam nyawa (syok anafilaksis).

Asimetri

Kamu perlu tahu kalau cairan filler bisa berpindah ke sisi tubuh lain seiring dengan waktu. Akibatnya, bentuk tubuh bisa asimetri.

Komplikasi filler hidung

Hidung merupakan area sensitif. Bagian ini penuh dengan pembuluh darah dan dekat dengan mata.  Itu sebabnya filler hidung agak lebih rumit dibanding jenis prosedur filler suntik lainnya. Ahli bedah plastik yang terlatih sekalipun akan berhati-hati dan cenderung menggunakan lebih sedikit filler, bukannya mengisi bagian tersebut dengan berlebihan.

Beberapa komplikasi serius yang bisa saja terjadi bila filler hidung ditangani orang tanpa lisensi meliputi:

- kematian jaringan

- komplikasi vaskular

- kehilangan penglihatan

Wah, ternyata efek sampingnya nggak main-main ya, Millens. Jadi, pastikan kamu menjalankan prosedur ini di tangan yang tepat ya. (Lip/IB21/E07)