Mau Coba Bisnis Pertashop? Segini Modalnya!

Mau Coba Bisnis Pertashop? Segini Modalnya!
Bisnis Pertashop, modalnya berapa, ya? (Twitter.com/TrisnaAgung2)

Tertarik mencoba bisnis Pertashop, Millens? Yuk simak syarat-syarat serta modal yang perlu kamu siapkan. Apa saja, ya?

Inibaru.id – Kalau kamu tinggal jauh dari kota besar, pasti mulai sering melihat bisnis Pertashop. Jadi, bentuknya mirip dengan POM BBM tapi dalam versi yang jauh lebih mini. Biasanya, jenis BBM yang ditawarkan juga hanya satu jenis.

Jadi ya, Pertashop ini beda dengan penjual bensin eceran ya. Pertashop ini sebenarnya bisa dikatakan sebagai distributor resmi dari Pertamina.

Katanya sih ya, Pertamina menargetkan pembangunan 10 ribu Pertashop di seluruh Indonesia. Hanya, bagi masyarakat yang ingin membuka Pertashop, juga bisa lo.

Lantas, apa yang dibutuhkan untuk membuka bisnis ini? Yuk, simak apa saja daftarnya, ya.

Lahan

Meski mini, tetap saja Pertashop membutuhkan lahan. Nggak harus luas sih, yang penting bisa muat kendaraan yang mau mengisi BBM. Selain itu, ada juga tempat untuk menyimpan BBM atau tabung gas yang juga bisa dijual di sana. Ingat ya, kamu juga harus punya izin usaha ini dari kepala desa setempat.

Nah, orang yang mau memiliki bisnis ini juga harus punya izin usaha seperti UD, Koperasi, CV, PT, dll. Kamu juga harus punya KTP, NPWP, serta Akta Pendirian Perusahaan.

Bagaimana dengan Modal yang Harus Disiapkan?

Modal pribadi boleh-boleh saja, modal dari Kredit Usaha Rakyat juga boleh, asalkan kamu memang bisa mendapatkannya. Nah, soal skema bisnis kerja sama dengan Pertamina untuk membuka ini, ada beberapa lo.

Bisnis Pertashop memiliki sejumlah syarat. (Solopos.com/Moh. Khodiq Duhri)
Bisnis Pertashop memiliki sejumlah syarat. (Solopos.com/Moh. Khodiq Duhri)

-          Skema Gold

Kalau kamu ikut skema ini, modalnya Rp 250 juta. Ini sudah masuk biaya Pertashop serta pengiriman ya. Modal untuk membeli Pertamax itu Rp 20 juta ya. Kalau keuntungan sih Rp 850 per liter. Estimasi pendapatannya adalah 400 liter per hari. Jadi diperkirakan 5 tahun modal sudah balik.

Lahan yang disediakan seluas 210 meter persegi. Lokasi bakal sangat dipertimbangkan, begitu juga konstruksi jalan serta jembatan menuju lahan. Sebaiknya juga jauh dari SPBU dan punya jaringan lsitrik stabil.

-          Skema Platinum

Kalau yang ini, modalnya Rp 400 juta. Modal pembelian produknya Rp 70 juta. Keuntungannya Rp 600 per liter dengan estimasi penjualan 1.000 liter per hari. Diperkirakan 4 tahun sudah modal balik. Apalagi jika tempatnya juga menjual LPG Bright Gas serta pelumas dari Pertamina.

Lahan yang disediakan minimal 300 meter. Lokasi bakal sangat dipertimbangkan, begitu juga konstruksi jalan serta jembatan menuju lahan. Sebaiknya juga jauh dari SPBU dan punya jaringan lsitrik stabil.

-          Skema Diamond.

Kalau yang ini, modalnya Rp 500 juta. Modal pembelian produknya adalah Rp 70 juta dengan keuntungan Rp 435 per liter untuk estimasi 300 liter BBM dijual per hari. Perkiraan, 3 tahun sudah balik modal. Apalagi jika tempatnya juga menjual LPG Bright Gas serta pelumas dari Pertamina.

Lahan yang disediakan minimal 500 meter persegi. Lokasi bakal sangat dipertimbangkan, begitu juga konstruksi jalan serta jembatan menuju lahan. Sebaiknya juga jauh dari SPBU dan punya jaringan lsitrik stabil.

Kalau sudah deal dengan Pertamina, kamu bakal dapat perangkat Pertashop lengkap. Bahkan, petugas operator nanti bakal diberi pelatihan dan pendampingan oleh Pertamina, Millens.

Kalau tertarik bikin bisnis Pertashop, kunjungi deh Pertamina di situs https://kemitraan.pertamina.com. Di sana, masuk aja ke bagian Daftar Calon Mitra BBM Ritel. Ikuti saja langkah-langkahnya ya, Millens. (Kom/IB09/E05)