Mau Bikin SIM? Jangan Pakai Baju Warna Ini ya!

Mau Bikin SIM? Jangan Pakai Baju Warna Ini ya!
Bikin SIM patut memperhatikan kerapian pakian. (Inibaru.id/ Triawanda Tirta Aditya)

Membuat SIM ternyata nggak bisa asal. Ada peraturan dan etika yang harus dipatuhi, termasuk soal pakaian. Jangan sampai bikin SIM pakai baju warna ini.

Inibaru.id - Bikin Surat Izin Mengemudi (SIM) nggak bisa asal-asalan. Ada etika dan aturan yang harus dipatuhi. Terutama soal pakaian yang digunakan.

Kasi SIM Ditlantas Polda Metro Jaya, AKP Agung Permana menyampaikan kenapa pakaian juga harus diperhatikan. Katanya setiap pemohon dianjurkan mengenakan pakaian yang rapi dan sopan serta wajib menggunakan celana panjang.

"Kalau bisa juga celana panjangnya yang rapi. Lalu kausnya juga minimal ya kaus berkerah yang rapi jangan kaus oblong," ucap Agung.

Nggak cukup itu, untuk bawahan Agung juga menyarankan agar para pemohon menghindari memakai pakaian berwarna biru. Kemudian untuk pemohon perempuan, disarankan juga agar nggak pakai kerudung berwarna biru.

"Aplikasi saat ini menggunakan sistem cropping background warna biru, sehingga apabila menggunakan baju atau kerudung warna biru, otomatis akan ter-cropping baju atau kerudungnya, dan hanya menyisakan bagian wajahnya saja," jelas Agung.

Jika pakai atribut pakaian warna biru, foto nggak akan maksimal. (Inibaru.id/ Triawanda Tirta Aditya)<br>
Jika pakai atribut pakaian warna biru, foto nggak akan maksimal. (Inibaru.id/ Triawanda Tirta Aditya)

Namun jika ada pemohon yang sudah terlanjur memakai atribut pakaian berwarna biru akan tetap dilayani alih-alih ditolak. Namun ada yang harus digarisbawahi, kabar buruknya bagian foto pada SIM akan nggak maksimal, karena bagian ada bagian wajah yang ter-cropping.

Dengan memahami anjuran tersebut, diharapkan nggak ada lagi pemohon yang salah dalam mengenakan pakaian ketika datang mengajukan permohonan pembuatan SIM di kantor Satpas.

Syarat lain pembuatan SIM

Selain pakaian yang digunakan, tentu saja ada berbagai persyaratan lain yang wajib dipatuhi. Buat kamu yang mau mendaftar SIM tapi nggak tahu apa saja yang harus dipatuhi, cermati hal-hal berikut ini ya!

- Memiliki kartu identitas e-KTP

- Usia sudah 17 tahun atau lebih

- Sehat jasmani dan rohani yang disertai bukti surat keterangan dokter dan tes psikologi

- Mengisi formulir pengisian

- Lulus ujian teori

- Lulus ujian praktik

- Lulus ujian keterampilan melalui simulator

Nah, itulah persyaratan membuat SIM, kamu sudah punya belum, Millens? (Kum/IB28/E05)