Masyarakat Gaza Ikut Rayakan Kemerdekaan Indonesia

Anak-anak perbatasan Palestina, tepatnya di Gaza berikan ucapan Happy Independent Day di HUT RI Ke-72 lho.

Masyarakat Gaza Ikut Rayakan Kemerdekaan Indonesia
Ucapan Kemerdekan Indonesia dari anak-anak Gaza, Palestina. (Foto: riau24.com)

Inibaru.id - Tahukah anda jika hubungan baik antara Indonesia dan Palestina sudah terjalin sangat lama? Sejarah mencatat bahwa Palestina termasuk dalam negara pertama yang mengakui kemerdekaan Indonesia. Bahkan, sebelum proklamasi kemerdekaan diucapkan oleh Presiden Soekarno, tepatnya sejak tanggal 6 September 1944, Palestina sudah memberikan dukungan pada kemerdekaan Indonesia.

Pada tanggal tersebut, Bung Karno dan Bung Hatta yang sedang disibukkan dengan persiapan kemerdekaan ternyata melakukan korespondensi langsung dengan berbagai tokoh yang berasal dari Timur Tengah. Karena korespondensi inilah, dukungan dan pengakuan untuk kemerdekaan mulai berdatangan. Setelah Palestina, negara-negara lain seperti Mesir, Suriah, Iraq, Lebanon, Yaman, serta Afghanistan juga mengungkapkan dukungan yang sama.

Saat itu, dukungan akan kemerdekaan Indonesia diucapkan langsung oleh Syekh Muhammad Amin Al-Husain yang merupakan Mufti Besar Palestina. Beliau mengucapkan selamat akan kemerdekaan Indonesia melalui jaringan Radio Berlin dalam bahasa Arab.

Baca juga: Kado Istimewa Timnas U-22 Untuk HUT Ke-72 RI

Meskipun hanya terlihat seperti dukungan verbal saja, dalam realitanya dukungan dari Palestina untuk kemerdekaan Indonesia ini ternyata sangat penting dalam menginspirasi pengakuan dari banyak negara lain untuk juga mengakui kemerdekaan Indonesia. Tanpa adanya dukungan ini, bisa jadi kemerdekaan kita tidak benar-benar diakui.

Sejak saat itulah hubungan antara Indonesia dan Palestina terus harmonis. Bahkan, Indonesia dikenal luas oleh dunia internasional sebagai salah satu pendukung utama dari negara Palestina yang kini memang masih mengalami panjajahan dan penindasan. Adanya hubungan yang dekat ini membuat Bangsa Palestina selalu ikut bergembira tatkala mengetahui Indonesia sedang merayakan Hari Kemerdekaan yang jatuh setiap tanggal 17 Agustus.

Untuk perayaan Hari Kemerdekaan tahun ini, Masyarakat Gaza, Palestina, juga memberikan kado istimewa bagi Perayaan Kemerdekaan Indonesia. Terdapat sebuah video yang menunjukkan anak-anak dari Gaza secara kompak mengucapkan selamat merayakan kemerdekaan bagi Indonesia. Dalam video tersebut, anak-anak Gaza ini secara kompak mengucapkan “Eid Istiqlal, Happy Independence Day, Indonesia” dengan tulus. Bahkan, berkali-kali anak-anak ini mengucapkan kata “Merdeka!” dengan ekspresi yang membuat kita yang melihatnya terharu, tertawa, sekaligus bangga.

Baca juga: Harus Tahu! Fakta Sejarah Proklamasi Kemerdekaan Indonesia

Video ucapan selamat ini sendiri didapatkan oleh Aksi Cepat Tanggap beberapa hari sebelum Perayaan Hari Kemerdekaan pada tanggal 17 Agustus 2017 kemarin. Menurut salah seorang mitra ACT yang kini sedang berada di Gaza, terdapat setidaknya 100 anak-anak yatim piatu dan kelurga yatim yang ayahnya meninggal dunia secara syuhada di Gaza yang memberikan ucapan ini.

Lokasi tempat pengambilan video ini dilakukan di bangunan Sekolah Menengah Pertama Putri bernama Fatima binti Asad School. Di sekolah yang berlokasi di utara kota Gaza ini, bendera Indonesia memang berkibar sebagai bentuk ucapan selamat dari masyarakat Palestina.

Tak hanya memberikan ucapan selamat, para mitra ACT yang ada di Gaza ini juga memberikan kue dan jus buah demi memeriahkan Perayaan Hari Kemerdekaan Indonesia di Palestina. (AS/IB)