Menkes Minta Masyarakat Waspadai Virus Cacar Monyet

Menkes Minta Masyarakat Waspadai Virus Cacar Monyet
Menkes Nila Moeloek meminta masyarakat untuk mewaspadai virus cacar monyet. (Idntimes)

Virus cacar monyet sudah terdeteksi di negara tetangga, Singapura. Pemerintah Indonesia pun memperkuat pengawasan di berbagai pintu masuk dari negara tersebut, termasuk bandara dan pelabuhan supaya nggak ada yang membawa virus itu masuk ke Tanah Air.

Inibaru.id – Virus cacar monyet sudah terdeteksi di Singapura. Hal ini membuat Pemerintah Indonesia siaga. Kementerian Kesehatan (Kemenkes) pun meminta masyarakat mewaspadainya dan melakukan berbagai tindakan demi mencegah penularan virus ini.

Menteri Kesehatan Nila Moeloek menjelaskan tentang kekhawatiran pemerintah terkait dengan virus ini.

“Awalnya kan penyakit ini hanya ada di Afrika, khususnya Afrika bagian barat seperti Nigeria, Kongo, Pantai Gading, dan Liberia, tapi sekarang sudah sampai di Singapura, ini yang kami khawatirkan,” terang Nila seperti dilansir laman Kompas, Selasa (16/5/2019).

Demi mencegah masuknya penyakit ini ke Tanah Air, Kemenkes pun mulai memberlakukan pengawasan ketat di berbagai pintu masuk ke Tanah Air. Sebagai contoh, kawasan paling dekat dengan Singapura, yakni Batam, kini diawasi dengan ketat.

“Kami khawatir karena di Batam pintu masuknya dari Singapura banyak. Yang utama adalah di Pelabuhan Batam. Di situ pengawasannya kami perketat. Semua pelabuhan kan udah ada kantor kesehatan, kita kuatkan di bagian karantinanya,” lanjutnya.

Selain di Pelabuhan Batam, tempat yang diperketat pengawasannya yakni di Bandar Udara Internasional Soekarno-Hatta, Tangerang, Banten. Di bagian kedatangan, kini telah dipasang alat pendeteksi suhu tubuh. Jika ada penumpang yang terdeteksi memiliki suhu badan yang tinggi, akan langsung diperiksa dokter atau dikarantina jika perlu.

Gejala dan Pencegahan Cacar Monyet

Cacar monyet bisa diketahui lewat gejala seperti demam tinggi dan ruam-ruam kulit yang terasa panas di seluruh bagian tubuh. Menkes Nila pun menyarankan masyarakat untuk menjaga kebersihan demi mencegah penularannya.

“Kita harus mencuci tangan sebelum makan. Kalau lagi batuk, pakai masker. Virus cacar monyet ini kan nggak ada obatnya tapi bisa dicegah kalau tubuh memiliki sistem kekebalan yang kuat. Jadi, dengan menjaga gaya hidup sehat, risiko tertular sedikit,” saran Nila.

Nggak perlu khawatir berlebihan dengan cacar monyet ya, Millens. Pemerintah sudah berusaha untuk mencegah masuknya penyakit ini. Kamu hanya tinggal menjaga gaya hidup dan kebersihan diri demi nggak terkena virus ini. (IB09/E04)