Masuk Top 6 Puteri Indonesia 2020, Puteri Sumatera Barat Nggak Hafal Pancasila?

Masuk Top 6 Puteri Indonesia 2020, Puteri Sumatera Barat Nggak Hafal Pancasila?
Kalista Iskandar, perwakilan Puteri Indonesia 2020 dari Sumatera Barat (suryakepri.com)

Perwakilan Puteri Indonesia dari Sumatera Barat Kalista Iskandar nggak mampu melafalkan seluruh sila dalam Pancasila saat menjawab pertanyaan di babak Top 6.

Inibaru.id – Ajang Puteri Indonesia 2020 yang digelar pada Jumat (6/3/2020) di JCC, Senayan, Jakarta mencuri perhatian masyarakat. Hal ini disebabkan oleh salah satu finalis yang masuk ke babak Top 6 yang nggak bisa melafalkan Pancasila dengan benar.

Ketegangan memang cukup terasa saat mulai memasuki babak-babak akhir. Di babak Top 6 misalnya, setiap finalis diharuskan untuk menjawab pertanyaan yang dipilih secara acak dari dewan juri serta media sosial. Kalista Iskandar, perwakilan dari Sumatera Barat yang masuk ke babak Top 6 pun harus menjawab pertanyaan.

Kalista Iskandar kesulitan menjawab pertanyaan tentang Pancasila dari Bambang Soesatyo. (Instagram @officialputeriindonesia)
Kalista Iskandar kesulitan menjawab pertanyaan tentang Pancasila dari Bambang Soesatyo. (Instagram @officialputeriindonesia)

Saat itu, Kalista mendapatkan pertanyaan dari Ketua MPR RI, Bambang Soesatyo. Pertanyaan yang diajukan politisi dari Partai Golkar ini sebenarnya sangat sederhana, yakni melafalkan Pancasila.

“Apakah Kalista hafal kelima sila di Pancasila?” tanya Bambang.

Kalista kemudian mendapatkan kesempatan untuk menjawab pertanyaan ini selama 30 detik. Dia mampu melafalkan sila pertama hingga ketiga dengan lancar, namun saat melafalkan sila keempat, Kalista melakukan kesalahan.

“Empat, Kemanusiaan yang adil… Kerakyatan yang dipimpin oleh hikmat kebijaksanaan dalam permusyawaratan… (sempat terdiam), keadilan,” jawab Kalista yang kemudian disambut dengan sorakan penonton.

Meskipun mendapatkan sorakan, Kalista tetap tenang dan kemudian melanjutkan jawabannya dengan melafalkan sila kelima dengan benar. Kesalahannya tersebut nampaknya bikin Kalista nggak lolos ke babak 3 besar.

Kalista Iskandar. (Instagram @officialputeriindonesia)
Kalista Iskandar. (Instagram @officialputeriindonesia)

Di babak Top 3, akhirnya terpilih Jihane Almira Chedid, perwakilan dari Jawa Tengah, Rr Ayu Maulida Putri, perwakilan dari Jawa Timur, serta Putu Ayu Saraswati dari Bali sebagai yang terbaik. Rr Ayu Maulida Putri kemudian dinobatkan sebagai pemenang Puteri Indonesia 2020.

Kalau menurut Millens, kesalahan Kalista ini disebabkan karena grogi atau memang nggak hafal nih? (IB09/E06)