Masuk Dalam 100 Negara Teraman dari Virus Covid-19, Seberapa Aman Indonesia?

Masuk Dalam 100 Negara Teraman dari Virus Covid-19, Seberapa Aman Indonesia?
Deep Knowledge Group. (dkv.global)

Deep Knowledge Group merilis laporan Daftar 100 Negara Teraman dari Covid-19. Dalam daftar ini, Indonesia juga termasuk.


Inibaru.id – Berbulan-bulan bergelut dengan virus corona, seluruh wilayah di dunia kini berusaha lepas dari jeratan pandemi tersebut. Nggak terkecuali Indonesia. Saat ini, pemerintah tengah berusaha keras menekan grafik perkembangan penderita Covid-19 yang belum juga surut.

Mungkin, Indonesia perlu menilik cara Swiss menyikapi virus yang menyerang saluran pernapasan tersebut. Tercatat, negara yang berada di Eropa Tengah itu saat ini dinilai sebagai negara paling aman di dunia dari Covid-19. Peringkat itu didapat dari Covid-19 Regional Safety Assessment (200 Regions).

Covid-19 Regional Safety Assessment (200 Regions) merupakan laporan yang diperoleh dari Deep Knowledge Group. Di bawah Swiss, secara berurutan bertengger Jerman dan Israel di peringkat ke-2 dan ke-3.

Selanjutnya, ada Jepang di peringkat ke-4 dan Jepang di posisi ke-5. Sementara, Tiongkok yang diduga menjadi negara asal Covid-19 menempati rangking ke-7. Bagaimana dengan Indonesia? Tenang, Tanah Air masuk hitungan, kok. Yap, peringkat ke-97!

Covid-19 Regional Safety Assessment (200 Regions) dibuat berdasakan laporan dari 130 parameter kuantitatif dan kualitatif serta lebih dari 11.400 titik data dalam berbagai kategori, seperti efektivitas karantina, pengawasan dan deteksi, kesiapan medis, dan juga efektivitas pemerintahan.

Menariknya, data tersebut tersebut berubah secara signifikan dalam beberapa bulan selama pandemi sesuai dengan kondisi negara-negara tersebut.

Menurut keterangan tersebut, Swiss dan Jerman meraih posisi ke-1 dan ke-2 di dalam riset kasus spesial baru ini, khususnya karena ekonomi mereka kuat. Selain itu, kehati-hatian mereka dalam melonggarkan aturan lockdown juga menjadi perhitungan.

Terakhir, yang juga menjadi pertimbangan adalah kebijakan pembekuan ekonomi berbasis ilmu pengetahuan yang nggak mengorbankan kesehatan dan keselamatan masyarakat.

Berikut ini daftar 10 besar dari 100 negara teraman dari Virus Covid-19 berdasarkan Deep Knowledge Group:

  1. Swiss
  2. Jerman
  3. Israel
  4. Singapura
  5. Jepang
  6. Austria
  7. China
  8. Australia
  9. Selandia Baru
  10. Korea Selatan

Kendati bisa menjadi acuan, Forbes menyebut daftar ini hanya penilaian risiko yang dilakukan oleh suatu organisasi. Artinya, risiko tiap wilayah di dalam suatu negara juga akan berbeda-beda.

Misal, New York menjadi pusat penularan Covid-19 tertinggi di AS, tetapi wilayah lain seperti Montana relatif jauh lebih aman. Hal tersebut juga terjadi di belahan dunia lain, termasuk Indonesia.

Hm, betul, Indonesia memang masuk 100 besar, tapi kalau posisi ke-4 terbawah, apakah bisa dibilang aman? (IB07/E03)