Masker Bedah Disetrika Agar Bisa Dipakai Ulang, Amankah?

Masker Bedah Disetrika Agar Bisa Dipakai Ulang, Amankah?
Penggunaan masker dianggap bisa membantu mencegah penularan virus corona (ruparupa.com)

Masker bedah menjadi barang yang langka semenjak mewabahnya virus corona. Lantas, apakah jika disetrika masker ini bisa kembali dipakai? Ini faktanya.

Inibaru.id –  Belakangan ini video yang menunjukkan cara mensterilkan masker bedah agar bisa dipakai ulang viral di media sosial. Masker bedah disetrika agar bisa dipakai lagi. Apakah hal ini aman untuk dilakukan?

Menanggapi hal ini,  dr Erlina Burhan, SpP(K),MSc, PhD dari RS Umum Pusat (RSUP) Persahabatan menegaskan bahwa masker bedah hanya untuk sekali pakai. Meski masker bedah sudah disetrika dan terpapar suhu panas, hal ini nggak menjamin virus yang menempel telah mati.

Berbeda dengan masker bedah, masker kain bisa dipakai ulang. Hanya, pastikan bahwa masker ini rutin dicuci dengan detergen. Jika perlu, kita juga bisa mencucinya dengan air panas.

“Keuntungannya masker kain ini bisa dipakai berulang, tetapi tentu saja perlu dicuci. Dicuci dengan detergen bila perlu memakai air panas. Karena detergen dengan air panas bisa mematikan virus," jelas dr Erlina pada Rabu (01/04/2020).

Masker bedah semakin sulit untuk dicari di pasaran semenjak virus corona mewabah (Shutterstock/Ann Patchanan)
Masker bedah semakin sulit untuk dicari di pasaran semenjak virus corona mewabah (Shutterstock/Ann Patchanan)

Juru bicara pemerintah terkait penanganan virus corona, Achmad Yurianto juga menyampaikan pentingnya menjaga kebersihan, termasuk dalam hal mencuci barang-barang pribadi dengan menggunakan detergen. Keberadaan detergen ini dianggap cukup ampuh membunuh virus corona.

“Yakinkan selesai dipakai langsung dicuci dengan sabun karena kita tahu virus ini bungkusnya, envelope-nya, sangat rapuh jika terkena detergen. Dia akan gampang pecah. Kalau pecah, maka virusnya akan mati. Ini yang penting. Detergen apa pun," ujar Yuri.

Meskipun kemampuan masker kain dalam menyaring partikel tak sebagus masker bedah, tetapi masker kain tetap bisa dipakai dalam kondisi darurat. Apalagi saat ini sangat sulit mencari masker bedah di pasaran.

Kalau Millens lebih merasa aman memakai masker bedah atau masker kain demi mencegah virus corona, nih? (Det/MG29/E07)

Tags :