Masihkah Mesin Kendaraan Harus Dipanasi Dulu Sebelum Dipakai?

Masihkah Mesin Kendaraan Harus Dipanasi Dulu Sebelum Dipakai?
Masihkah perlu memanasi mesin kendaraan sebelum dipakai berkendara? (Inibaru.id/ Triawanda Tirta Aditya)

Salah satu kebiasaan yang sering masyarakat Indonesia lakukan di pagi hari adalah memanasi mesin kendaraan seperti sepeda motor atau mobil. Hanya, sebenarnya hal ini masih perlu dilakukan nggak, sih?

Inibaru.id - Salah satu kebiasaan para pengguna mobil atau kendaraan lainnya di Indonesia adalah memanaskan mesin terlebih dahulu di pagi hari sebelum digunakan untuk beraktivitas. Kebiasaan ini sudah dilakukan secara turun-temurun. Hanya, banyak generasi muda yang mulai menganggapnya nggak penting.

Meski begitu, banyak orang yang percaya jika memanaskan mesin bisa membuat laju kendaraan jadi lebih baik sekaligus membuat kondisi mesin tetap awet. Lantas, mana yang benar, masihkah kita perlu memanaskan mesin kendaraan sebelum dipakai atau tidak?

Kepala Bengkel Auto 2000 Cibinong Deni Adrian memberi penjelasan terkait dengan perlu tidaknya memanasi mesin mobil sebelum dipakai. Katanya, mobil-mobil keluaran baru sudah nggak perlu lagi diperlakukan seperti itu. Hal ini disebabkan oleh mesin mobil-mobil keluaran baru yang sudah dilengkapi dengan teknologi canggih. Sebagai contoh, mobil merek Toyota telah menyematkan berteknologi variable valve timing with intelligence (VVT-i).

“Itu hanya salah satunya, masih banyak lagi faktor yang membuat mobil sekarang ini tidak perlu dipanaskan dulu sebelum mulai jalan,” ucap Deni.

Mesin mobil terbaru nggak perlu dipanasi. (Inibaru.id/ Triawanda Tirta Aditya)<br>
Mesin mobil terbaru nggak perlu dipanasi. (Inibaru.id/ Triawanda Tirta Aditya)

Service Head Auto 2000 Bekasi Sapta Agung Nugraha juga memberikan jawaban yang sama. Menurut dia, memanaskan mobil hanya akan membuang-buang bahan bakar minyak (BBM) karena teknologi terkini justru semakin mempermudah pemilik mobil melakukan perawatan.

Menurut Sapta, teknologi mesin yang sudah ada sekarang ini kebanyakan sudah menggunakan valve adjuster. Fungsinya adalah untuk menahan oli agar nggak langsung turun ke carter atau penampungan, sehingga ketika mesin dinyalakan, oli bisa langsung melumasi bagian mesin.

“Beda dengan mobil dulu, yang memang harus dilakukan pemanasan mesin agar sistem pelumasan tersebar ke seluruh komponen dulu,” ucap Sapta.

Adanya teknologi modern membuat oli dari carter kini bisa lebih cepat naik ke mesin. Hal ini karena sudah ada dukungan teknologi oil pump. Selain itu, oli sekarang juga visikositasnya jauh lebih baik ketimbang oli keluaran lawas.

“ Sekarang bahkan sudah didukung oleh sensor-sensor seperti temperatur lingkungan dan temperatur oli,” kata Sapta.

Melihat fakta ini, nggak perlu lagi deh memanaskan mesin kendaraan lama-lama di pagi hari. Malah bikin polusi saja kok, Millens. (Kom/IB28/E07)