Masih Tayang di Bioskop! Salah Satu Film Nominee Oscar Terbanyak: 1917

Masih Tayang di Bioskop! Salah Satu Film Nominee Oscar Terbanyak: 1917
Cuplikan film 1917. (Digitalspy/E One Entertainment)

Film garapan Sam Mendes, 1917, yang terinspirasi dari kisah nyata pada Perang Dunia I adalah salah satu yang paling banyak menjadi nominee pada ajang perfilman internasional Piala Oscar 2020. Apa menariknya?

Inibaru.id – Film bertema sejarah berjudul 1917 menorehkan prestasinnya dalam ajang Piala Oscar 2020. Dibesut Sam Mendes, film tentang Perang Dunia I tersebut bersaing dengan sejumlah film unggulan semacam Once Upon A Time in Hollywood, Joker, dan sang peraih empat gelar, Parasite.

Sebelumnya, 1917 menjadi sorotan penikmat film dunia lantaran menjadi nominee Academy Awards ke-92 untuk 10 kategori, termasuk kategori bergengsi macam Sutradara Terbaik dan Film Terbaik. Film tersebut bersaing dengan Joker dan The Irishman yang juga menjadi nominee untuk banyak kategori.  

Nah, buat kamu yang belum tahu 1917 itu tentang apa, mungkin kamu perlu tahu sejumlah fakta menarik ini!

Berjaya di Golden Globe Awards

Sudah banyak yang memprediksi film 1917 bakal berbicara banyak pada Piala Oscar 2020. Sebelumnya, film yang hingga saat ini masih tayang di bioskop Tanah Air itu juga berjaya di Golden Globe Awards 2020.

Pada ajang perfilman terbesar kedua yang kerap disebut sebagai "pemanasan" Academy Awards ini, 1917 meraih penghargaan Film Drama Terbaik. Sementara, sutradara Sam Mendes juga menyabet gelar Sutradara Terbaik pada perhelatan tersebut.

Film Perang Kedua Sam Mendes

1917 bukanlah film perang pertama yang digarap Sam Mendes. Sebelumnya, pada 2005, dia juga pernah menggarap Jarhead, sebuah film yang mengangkat tema Perang Kuwait dan Irak.

Dari Kisah Nyata

Diproduksi DreamWorks Pictures, Sam Mendes rupanya menjadikan pengalaman sang kakek pada Perang Dunia I sebagai inspirasi pada pembuatan 1917. Sebelumnya, kisah tersebut pernah dibukukan dalam The Autobiography of Alfred H Mendes 1897-1991.

Lekat dengan Sejarah

Unsur sejarah yang bersifat  faktual tertuang dalam film yang diproduseri oleh Pippa Harris, Callum McDougall, Sam Mendes, Brian Oliver, dan Jayne Ann-Tenggren ini. 1917 memang mengambil latar waktu saat AS mendeklarasikan perang melawan Jerman pada 6 April 1917.

Persiapan yang Lama

Menggarap film sejarah memang memiliki tantangannya tersendiri, terlebih dalam hal teknik yang dianggap nggak mudah.

Menggaet aktor seperti George MacKay, Dean-Charles Chapman, Mark Strong, Andrew Scott, dan Benedict Cumberbatch, para pemain itu setidaknya butuh waktu latihan sekitar enam bulan sebelum syuting benar-benar dimulai.

Nah, untuk kamu yang belum nonton 1917, masih ada waktu buat nonton, lo, Millens! Buruan beli tiketnya di bioskop terdekat! (MG26/E03)