Masih Ingat Nggak dengan Kata-kata Mutiara di Buku Tulis Ini?

Masih Ingat Nggak dengan Kata-kata Mutiara di Buku Tulis Ini?
Kutipan motivasi di buku tulis. (Inibaru.id/Triawanda Tirta Aditya)

Kamu pasti pernah melihat kata-kata mutiara atau kutipan motivasi di bagian bawah kertas buku tulis. Mana nih yang jadi favoritmu? 

Inibaru.id- Sobat Millens, kamu pasti pernah kan menulis di buku tulis semasa sekolah? Bila kamu memperhatikan, di bagian bawah tiap halaman di buku tulis itu biasanya ada kutipan, kata mutiara, atau motto tentang kehidupan.

Kutipan-kutipan itu nggak asal tulis, lo. Seringkali kutipan itu ada benarnya. Bahkan, kutipan-kutipan itu bisa jadi motto hidupmu. Yuk simak kutipan-kutipan apa saja yang bisa kamu temukan di buku tulis tersebut!

Experience is the Best Teacher

Ilusrasi buku tilis. (Arlan85.com)
Ilusrasi buku tilis. (Arlan85.com)

Pengalaman adalah guru terbaik. Kutipan satu ini pasti sering kamu dengar baik di sekolah, di kampus, bahkan di seminar-seminar motivasi. Yap, pengalaman memang guru terbaik karena dari mengalami suatu hal, seseorang dapat belajar banyak hal.

Bila pengalaman itu berupa kegagalan, kamu bisa belajar bagaimana agar ke depannya nggak gagal. Bila pengalaman itu kesuksesan, kamu bisa meneruskan atau meningkatkannya untuk diaplikasikan dalam hal lain.

You'll Never Know till You Have Tried

Ilustrasi buku tulis. (Pexels)
Ilustrasi buku tulis. (Pexels)

Kamu nggak akan pernah tahu sampai kamu mencoba. Banyak orang yang takut gagal dan takut salah sebelum melakukan sesuatu. Sebagai contoh, orang takut gagal saat hendak mencoba membuka usaha baru. Padahal, kamu nggak pernah tahu rasanya berwirausaha tanpa kamu mencobanya terlebih dahulu. Setelah mencoba, kamu baru bisa mengevaluasi usaha yang kamu jalani. Kalau merujuk ke motto marketplace berwarna hijau sih "Coba aja dulu". Hehe.

Practice Makes Perfect

Ilustrasi buku tulis. (Lazada)
Ilustrasi buku tulis. (Lazada)

Berlatih menjadikan kesempurnaan. Motto ini sejalan dengan motto orang Jawa yakni "Trisna jalaran saka kulina". Kamu bisa menguasai suatu hal bila terus berlatih sehingga terbiasa dan lama-lama menguasainya. Karena itulah kamu disarankan agar selalu berlatih bila hendak menguasai suatu hal.

Salah satu contoh yakni saat kamu belajar bahasa asing. Guru atau mentor bahasa asing pasti memintamu untuk selalu berlatih dan mempraktikkan bahasa yang kamu pelajari, kan?

Where There is a Will, There is a Way

Ilustrasi kata mutiara di buku tulis. (Inibaru.id/Triawanda Tirta Aditya)
Ilustrasi kata mutiara di buku tulis. (Inibaru.id/Triawanda Tirta Aditya)

Di mana ada kemauan, di situ ada jalan. Bila kamu benar-benar menginginkan suatu hal, pasti ada jalan untuk menggapainya. Millens ingat perjuangan Kolonel Harlan Sanders pendiri Kentucky Fried Chicken (KFC)? Sebelum menjadi waralaba terpopuler di dunia, Kolonel Harlan Sanders harus berjuang keras mendirikan KFC. Meski sering jatuh bangun, Kolonel Sanders tetap berusaha hingga dirinya sukses seperti saat ini.

Never Put Off till Tomorrow What You Can Do Today

Kata mutiara di buku tulis. (Lazada)
Kata mutiara di buku tulis. (Lazada)

Jangan menunda hal hingga esok bila kamu bisa melakukannya sekarang. Kutipan ini sangat relevan dengan kondisi saat ini yang berubah-ubah. Tiap hari ada saja faktor yang berubah. Nah, makanya kamu disarankan agar jangan menunda-tunda pekerjaan. Kamu nggak tahu apa yang bakal terjadi esok. So, jangan malas ya Millens!

Hm, dari kutipan-kutipan itu, mana nih kutipan favoritmu nih, Millens? Lantas sudahkah kamu mempraktikkannya? (IB03/E07)