Martir Demokrasi, Sejumlah Petugas KPPS Meninggal Saat Menjalankan Tugas

Sebanyak 14 petugas KPPS diketahui meninggal saat menyukseskan Pemilu. Tiga belas di antaranya meninggal karena kelelahan dan satu orang meninggal karena kecelakaan.

Martir Demokrasi, Sejumlah Petugas KPPS Meninggal Saat Menjalankan Tugas
Petugas KPPS. (Mediaaceh)

Inibaru.id – Kementerian Dalam Negeri (Kemendagri) berduka. Sejumlah petugas Kelompok Penyelenggara Pemungutan Suara (KPPS) diketahui meninggal dunia saat menjalankan tugas pada Pemilihan Umum (Pemilu) 2019. Hal ini membuat Menteri Dalam Negeri Tjahjo Kumolo menyampaikan rasa duka cita yang mendalam.

Tjahjo mengucapkan apresiasi pada para petugas KPPS yang telah bekerja keras menyukseskan Pemilu 2019.

“Keluarga Besar Kementerian Dalam Negeri dan Badan Nasional Pengelola Perbatasan memberikan apresiasi setinggi-tingginya kepada para penyelenggara pemilu. Khususnya petugas KPPS yang telah berjuang menyukseskan salah satu agenda nasional terbesar ini,” tulis Tjahjo dalam keterangan tertulis yang dikeluarkan pada Jumat (19/4) kemarin.

Selain menyampaikan rasa duka kepada para petugas yang meninggal, Tjahjo juga mendoakan petugas KPPS yang sakit akibat kelelahan karena bekerja keras mengawal Pemilu sejak sebelum hari pencoblosan hingga selesainya penghitungan suara. Tjahjo menyebut tugas sebagai penyelenggara Pemilu memang sangat berat.

Berdasarkan berita yang beredar, setidaknya 14 petugas KPPS wafat saat menjalankan tugas. Sebanyak 10 orang di antaranya meninggal di Provinsi Jawa Barat. Sisanya adalah masing-masing satu orang di wilayah Jawa Tengah, Jawa Timur, DKI Jakarta, serta Kalimantan Timur.

Petugas-petugas tersebut diketahui meninggal akibat kelelahan karena bekerja selama dua hari penuh tanpa mendapatkan waktu istirahat yang cukup. Selain kelelahan, seorang petugas KPPS juga meninggal akibat jatuh dari sepeda motor saat akan pulang ke rumahnya untuk beristirahat.

Komisi Pemilihan Umum (KPU) mengaku akan memberikan santunan kepada keluarga petugas KPPS yang meninggal atau jatuh sakit setelah menjalankan tugasnya.

Terima kasih kepada semua petugas KPPS. Mereka memang sudah bekerja dengan sangat luar biasa demi memastikan Pemilu berlangsung dengan lancar, ya Millens. (IB09/E04)