Yuk Terapkan Cara Ini untuk Hilangkan Kebiasaan Merundung

Yuk Terapkan Cara Ini untuk Hilangkan Kebiasaan Merundung
Perundungan bisa diatasi mulai dari diri kita sendiri. (Shutterstock)

Kasus perundungan makin marak. Agar kamu nggak ikut-ikutan menjadi pelaku, ada beberapa saran yang bisa kamu terapkan.

Inibaru.id - Masalah bullying atau perundungan nggak bisa dianggap remeh. Trauma berkepanjangan pada korban nggak jarang menjerumuskan mereka untuk jadi pelakunya di masa depan. Serem kan kalau semua korban perundungan mencari orang lain untuk pelampiasan dendam. Para pelaku juga terancam bisa terjerat masalah hukum.

Nah, biar nggak ada lagi kasus-kasus perundungan yang meresahkan sebaiknya kamu tanamkan hal-hal berikut dalam dirimu, Millens.

Saling Memahami

Memahami perasaan dan sikap orang lain akan membuat kamu lebih berempati. Dengan cara tersebut kita akan bisa lebih jauh seberapa dalam permasalahan yang dialami oleh orang lan. Sehingga dorongan untuk menghakimi atau merundung bisa terhindarkan.

Ciptakan Kegiatan Positif

Jangan salah, permasalahan antarteman dekat juga bisa memicu perundungan. Rahasia personal yang diketahui biasanya akan dijadikan senjata ampuh untuk saling menjatuhkan. Biar kamu dan temanmu nggak musuhan, kamu perlu melakukan kegiatan positif bareng temanmu. Dari kegiatan positif tersebut kamu bisa saling terbuka dan saling menjaga kepercayaan.

Jauhi Teman Beracun

Sikap buruk juga bisa berawal dari lingkungan yang nggak baik. Jika kamu mendapat lingkaran pertemanan yang membuat perilakumu menjadi buruk, sebaiknya segera menghindar ya.

Selalu Berpikir Positif

Kadang perkataan orang baik yang disengaja atau nggak, cukup menyinggung perasan. Perundungan juga bisa berawal dari adanya rasa tersinggung lebih dahulu sehingga kita membalasnya dengan cara yang lebih buruk. Usahakan kamu berpikir positif dahulu ya, Millens. Sebab dengan begitu kamu bisa mencerna dan menghindari sikap buruk.

Memosisikan Diri

Sebelum kamu terdorong untuk mencemooh dan menyakiti hati orang lain, coba deh bayangkan jika kamu ada di posisi mereka.

Yuk, putuskan rantai perundungan mulai dari diri sendiri. (IB28/E05)