Mari Elka Pangestu Ditunjuk Jadi Direktur Pelaksana Bank Dunia, Apa Tugasnya?

Mari Elka Pangestu Ditunjuk Jadi Direktur Pelaksana Bank Dunia, Apa Tugasnya?
Mari Elka Pangestu. (oceanpanel.org)

Mari Elka Pangestu resmi ditunjuk Bank Dunia sebagai Direktur Pelaksana Kebijakan Pembangunan dan Kemitraan. Dia akan mulai bekerja pada Maret 2020 mendatang. Lalu apa tugas mantan menteri keuangan di era SBY ini?

Inibaru.id – Kamis (9/1/20) kemarin, Presiden Bank Dunia, David Malpass resmi menunjuk Mari Elka Pangestu sebagai Direktur Pelaksana Kebijakan Pembangunan dan Kemitraan.

Kompas, Jumat (10/1) menulis, di laman resminya, Bank Dunia menyebut Mari memiliki keahlian luar biasa di bidang manajemen dan kebijakan saat menjabat sebagai Menteri Perdagangan Indonesia pada 2004 hingga 2011.

Selain itu, di masa kepemimpinan Presiden Susilo Bambang Yudhoyono pada 2011 hingga 2014, Mari juga sempat menjabat sebagai Menteri Pariwisata.

“Kami sangat senang untuk menyambut Mari dengan peran barunya yang sangat penting bagi institusi ini,” ucap Malpass.

Malpass menyebut pengalaman Mari sebagai menteri telah diakui secara global. Kemampuannya sebagai ekonom dan peneliti, ditambah dengan kepemimpinan Mari di berbagai forum internasional untuk pembangunan dianggap bisa mendukung kinerja Bank Dunia dalam mendukung pertumbuhan sekaligus menurunkan angka kemiskinan.

Mari dijadwalkan mulai berkantor pada 3 Maret 2020 di Washington, Amerika Serikat. Tugas Mari adalah memimpin dan memantau kerja salah satu program Bank Dunia, Global Practice Group. Dia juga diminta untuk memimpin divisi data dan riset serta divisi hubungan eksternal dan korporasi.

“Ini merupakan kehormatan besar untuk bisa bergabung dengan Bank Dunia dalam sebuah misi vital. Saya menantikan kesempatan untuk bekerja dengan tim yang kuat ini pada tantangan mendesak yang dihadapi anggota Bank Dunia,” kata Mari.

Saat ini, Mari menjabat sebagai Ketua Dewan Pengawas Lembaga Penelitian Kebijakan Makanan Internasional (IFPRI) di Washington. Mari juga masih aktif sebagai pengamat Komisi Global Geopolitik Transformasi Energi Badan Energi Terbarukan International (IRENA) yang berpusat di Abu Dhabi, Uni Emirat Arab.

Sebelumnya, Presiden Joko Widodo mengajukan nama Mari Elka Pangestu sebagai salah satu pimpinan Bank Dunia pada Oktober 2019.

“Mencalonkan Ibu Mari Elka Pangestu untuk menjadi wakil Indonesia di World Bank,” terang Menteri Koordinator Bidang Kemaritiman, Luhut Binsar Pandjaitan pada Jumat (11/10/19).

Millens bangga nggak nih dengan kabar Mari Elka Pangestu menduduki jabatan penting di Bank Dunia? (IB09/E06)