Manfaat Susu yang Nggak Terduga; Bikin Daun Tanaman Hias Lebih Kinclong!

Manfaat Susu yang Nggak Terduga; Bikin Daun Tanaman Hias Lebih Kinclong!
Bagaimana penggunaan susu untuk tanaman hias? (Minimaxstore)

Tahukah kamu kalau para pencinta tanaman hias sudah biasa menggunakan susu untuk membuat tanaman segar dan kinclong? Kandungan kalsium dalam susu juga menjadi nutrisi yang penting. Eits, jangan langsung dituang ya, berikut ini cara menggunakan susu untuk tanaman hias.

Inibaru.id – Nggak cuma bermanfaat bagi tubuh, ternyata susu cair juga bisa menyulap tanaman jadi lebih bernilai tinggi lo! Yap, penggunaan larutan susu di kalangan para pencinta tanaman hias lazim untuk membuat tanaman mereka jadi segar dan bikin daun tampak mengkilat.

Ternyata, kandungan vitamin B dalam susu cair dapat memberikan banyak manfaat bagi tumbuhan. Beberapa manfaatnya ialah membantu tanaman agar lebih subur karena sifatnya yang antijamur. Selain itu susu cair juga dapat mencegah pembusukan ujung bunga, Millens!

Bagimu yang sudah frustrasi dengan serangan kutu daun dan lalat daun, penggunaan susu cair juga dipercaya dapat mengusir keduanya lo! Eits, sebelum menggunakannya, kamu harus tahu takaran yang tepat supaya bungamu nggak berujung layu.

Campur air dan susu lalu semprotkan ke permukaan tanaman. (Ilmu budidaya)
Campur air dan susu lalu semprotkan ke permukaan tanaman. (Ilmu budidaya)

Pilihlah jenis susu murni, susu rendah lemak, atau susu skim. Namun akan lebih baik jika menggunakan susu rendah lemak. Kadaluarsa juga nggak masalah. O ya, hindari produk susu seperti susu almond atau susu yang terbuat dari kacang-kacangan lain karena nggak bisa memberi manfaat yang sama.

Sebelum menggunakannya, campur susu dan air dengan perbandingan 40:60 dan masukkan dalam botol semprot. Semprotkan larutan susu secukupnya  ke permukaan daun kemudian lap dengan kain lembut atau tisu. Lap kembali agar nggak ada noda atau bercak yang tertinggal di daun.

Cara tersebut dipercaya bikin daun tanaman hias lebih mengkilap. Beberapa jenis tanaman hias seperti aglonema, anthurium, calathea, alocasia, sansivieria akan makin cantik jika kamu rajin menyemprotnya dengan larutan ini.

Lap dengan kain setelah disemprot. (Fokusjabar)
Lap dengan kain setelah disemprot. (Fokusjabar)

Pastikan larutan susu nggak meninggalkan bercak pada daun yang membuatnya kusam. Jika hal tersebut terjadi, seka permukaan daun dengan lap basah. Bercak yang tertinggal di daun terlalu lama dapat menyebabkan tanaman rentan terkena penyakit.

Sifat antijamur atau antibakteri pada larutan susu ini diketahui dapat melindungi tanaman dari embun tepung (serbuk warna putih) yang dapat membuat tanaman terlihat kusam. Selain itu, susu juga mengandung protein yang dapat menghilangkan kotoran pada daun dan membuatnya tampak cerah.

Oh ya, sisa larutan susu juga dapat kamu tuang ke media tanam untuk membuat tanaman hiasmu semakin subur dan kinclong. Kandungan kalsiumnya jadi nutrisi penting bagi pertumbuhan tanaman juga lo. Tertarik mencobanya, Millens? (Kom/IB27/E05)