Manfaat Kakao, Bahan Dasar Cokelat untuk Kesehatan Tubuh Kamu!

Manfaat Kakao, Bahan Dasar Cokelat untuk Kesehatan Tubuh Kamu!
Kakao si bahan dasar pembuat cokelat yang menyimpan berbagai manfaat. (Via marewa45.co.id)

Kakao adalah bentuk cokelat yang paling murni dari yang biasanya kamu konsumsi. Ternyata kakao menyimpan berbagai manfaat yang baik untuk kesehatan, lo. Apa saja?

Inibaru.id - Cokelat terbuat dari bubuk kakao yang dihancurkan. Biar tambah enak, bubuk kakao dicampur berbagai macam bahan tambahan.

Jadi, kakao merupakan bentuk yang paling murni dari cokelat yang biasanya kamu konsumsi. Kakao ini biji dari tanaman Theoboroma Cacao.

Tanaman ini biasanya menghasilkan buah yang lumayan besar dengan rasa yang kadang manis dan kadang masam.

Selain dijadikan bahan dasar pembuatan cokelat, kakao juga mempunyai manfaat sebagai obat untuk meningkatkan kesehatan tubuh, lo. Nah, penasaran kan? Berikut ulasan manfaatnya.

1.      Mengurangi Gejala Depresi

Kandungan flanol dalam bubuk kakao dipercaya memiliki kemampuan untuk meningkatkan suasana hati dan menghilangkan gejala depresi.

Selain itu, bubuk kakao juga bisa meningkatkan kadar serotonin, suatu neurotransmitter yang bertindak sebagai anti-depresan.

Ada juga penelitian yang menemukan bahwa jika kamu mengonsumsi cokelat bisa meningkatkan ketenangan dan kepuasan, sehingga baik bagi kesejahteraan psikologis kamu.

Nah, bagi kamu yang sedang merasa mood-mu kurang bagus, bisa nih konsumsi cokelat.

2.      Membantu Menurunkan Berat Badan

Kakao dapat membantu menjaga bentuk tubuh. (Sahabat Petani)
Kakao dapat membantu menjaga bentuk tubuh. (Sahabat Petani)

Siapa sih disini yang nggak mau punya berat badan ideal? Bubuk kakao juga memiliki manfaat dalam mengatur berat badan kamu. Caranya, mengurangi nafsu makan, mengatur penggunaan energi, dan meningkatkan oksidasi lemak dan mempertahankan perasaan kenyang.

Riset dalam jurnal Archives of Internal Madicine menunjukan bahwa orang yang sering makan cokelat dipercaya memiliki Indeks Masa Tubuh yang rendah dibandingkan dengan orang yang jarang mengonsumsi cokelat.

3.      Mencegah Penuaan Dini

Menjadi awet muda dan tetap sehat bisa jadi impian setiap orang. Berita baiknya, antioksidan juga ditemukan dalam kakao sehingga dapat mencegah penuaan dini. Antioksidan yang dapat mencegah kerusakan sel yang menyebabkan seseorang tampak lebih tua. Hasilnya, kulit jadi lebih sehat dan awet muda.

4.      Meningkatkan Fungsi Otak

Selain menghilangkan depresi, fungsi kandungan flanol dalam bubuk kakao juga bisa meningkatkan fungsi otak dan aliran darah dengan cara meningkatkan produksi oksida nitrat, Millens. Hal tersebut dapat melemaskan otot-otot pembuluh darah, sehingga meningkatkan pasokan darah ke otak. Hmm, menarik ya, Millens?

5.      Mengontrol Kadar Gula Darah

Kakao dipercaya dapat mengontrol gula darah dalam tubuh kamu, lo. Hal ini karena kandungan dalam kakao dapat meningkatkan sensitivitas insulin. Semakin sensitif insulin, maka proses penyerapan juga semakin baik, sehingga nggak akan terjadi penumpukan gula di dalam darah.

Wah, banyak juga ya manfaat kakao ini? Jadi, nggak masalah kok kalau kamu menyempatkan diri mengonsumsi cokelat sebagai me time. Setuju? (Lip/MG42/E05)