Maluku Utara Provinsi Paling Bahagia 2021, Bagaimana dengan Jawa Tengah?

Maluku Utara Provinsi Paling Bahagia 2021, Bagaimana dengan Jawa Tengah?
Ternate, Ibu Kota Maluku Utara, provinsi paling bahagia 2021 di Indonesia. (Flickr/ Fabio Achilli)

Jawa sama sekali nggak masuk 10 besar, termasuk Jawa Tengah. Maluku Utara jadi provinsi paling bahagia 2021 di Indonesia. Pengin tinggal di sana nggak, Millens?

Inibaru.id – Meski secara infrastruktur Jawa masih jadi yang paling maju dibandingkan dengan pulau-pulau lain di Indonesia, ternyata status provinsi paling bahagia 2021 di Indonesia sama sekali nggak berasal dari Jawa. Faktanya, Maluku Utara justru yang mendapatkan status tersebut. Hm, kayaknya asyik ya tinggal di sana?

Status Maluku Utara jadi provinsi paling bahagia ini terungkap dari data Indeks Kebahagiaan 2021 yang dikeluarkan Badan Pusat Statistik pada Senin (27/12/2021) lalu. Menariknya, meski dalam setahun terakhir Indonesia diterpa pandemi Covid-19 yang sangat mengerikan, indeks kebahagiaan kita naik 0,9 poin jika dibandingkan dengan indeks tahun 2017 Millens.

Nah, Maluku Utara mendapatkan skor paling tinggi di Indonesia, yakni 76,34. Provinsi yang bisa dikatakan cukup muda dibandingkan dengan provinsi lain di Indonesia ini juga diikuti oleh provinsi muda lainnya, yakni Kalimantan Utara di posisi kedua dengan nilai 76,33. Di posisi ketiga ada Maluku dengan skor 76,33 juga.

Lantas, di mana provinsi-provinsi Jawa? Ternyata, pembangunan yang lebih baik nggak menjamin warganya bahagia, lo. Nggak ada satupun yang masuk 10 besar provinsi paling bahagia 2021. Bahkan, Banten yang nggak jauh-jauh dari Ibu Kota Jakarta ada di urutan paling buncit alias jadi provinsi paling nggak bahagia di Indonesia dengan skor hanya 69,08.

Jawa Tengah nggak masuk 10 besar provinsi paling bahagia 2021. (Inibaru.id/Triawanda Tirta Aditya)
Jawa Tengah nggak masuk 10 besar provinsi paling bahagia 2021. (Inibaru.id/Triawanda Tirta Aditya)

Kalau Ibu Kota Jakarta Sendiri? Nggak jauh-jauh beda dari Banten karena ada di urutan ke delapan tapi dari belakang. Skornya juga nggak tinggi, yakni hanya 70,68. Omong-omong, skor kebahagiaan DKI Jakarta memang menurun drastis bersama dengan provinsi-provinsi di Jawa lain seperti Banten dan Daerah Istimewa Yogyakarta. Hm, padahal DIY yang ada di peringkat kebahagiaan ke 22 di Indonesia ini sering dianggap sebagai tempat yang bikin tenang dan bahagia, ya?

Kalau di luar Jawa, provinsi yang mengalami penurunan indeks kebahagiaan adalah Aceh, Sumatera Selatan, Bengkulu, Riau, Nusa Tenggara Barat, Kalimantan Timur, dan yang cukup mengejutkan adalah Bali. Meski dipenuhi dengan tempat wisata yang cantik, realitanya Bali hanya ada di peringkat ke 24 dengan skor 71,44.

Bagaimana dengan Jawa Tengah? Provinsi yang berbatasan langsung dengan DIY ini ada di peringkat 21 alias persis di atas peringkat Yogyakarta dengan skor 71,73. Yogyakarta sendiri hanya mendapatkan skor 71,70, Millens.

BPS menghitung indeks kebahagiaan ini dengan memperhatikan Dimensi Kepuasan HIdup, Dimensi Makna Hidup, dan Dimensi Perasaan. Ketiga dimensi ini sudah mulai diperhatikan dalam menyusun Indeks Kebahagiaan Nasional sejak 2017.

Hm, kamu pengin nggak tinggal di Provinsi paling bahagia 2021 di Indonesia, atau sudah bahagia dengan tempat tinggalmu sekarang?  (Asumsi/IB09/E05)