Malaysia Beri Lampu Hijau untuk Gojek

Pemerintah Malaysia telah mengeluarkan izin terkait beroperasinya layanan roda dua Gojek di negeri Jiran tersebut. Lantas, kapankah Go-Jek bisa beroperasi di sana?

Malaysia Beri Lampu Hijau untuk Gojek
Gojek dapat lampur hijau dari pemerintah Malaysia. (Gizmologi)

Inibaru.id – Layanan transportasi roda dua Gojek telah mendapatkan izin untuk beroperasi di Negeri Jiran, Malaysia. Hal ini diungkap langsung Menteri Pengembangan Enterpreneur Malaysia Redzuan Yusof.

Yusof mengungkap pemerintah Malaysia sudah membuka jalan bagi Gojek untuk melakukan ekspansi ke Malaysia.

“Kalau soal itu, sudah didiskusikan dalam pertemuan kabinet dan telah mendapatkan lampu hijau. Hanya saja, kalau soal regulasi, belum ada keputusan yang spesifik,” ucap Yusof seperti yang ditulis laman Kompas, Kamis (22/8/2019).

Yusof juga mengaku akan melakukan koordinasi dengan beberapa kementerian, termasuk di antaranya Kementerian Transportasi dan Kementerian Pemuda dan Olahraga untuk menyiapkan hal ini. Menurut Yusof, Kementerian-kementerian tersebut harus segera melakukan tindak lanjut berupa mengeluarkan undang-undang yang relevan terkait dengan hal ini. Jika undang-undang sudah selesai dibahas, nantinya hal tersebut akan diberikan ke kabinet.

Hanya saja, undang-undang ini diperkirakan baru diajukan sebelum akhir tahun.

“Undang-undangnya nggak sesulit yang biasanya,” jelas Yusof.

Sebelum ini, Menteri Pemuda dan Olahraga Malaysia Syed Saddiq melakukan jajak pendapat di media sosial Twitter untuk mengetahui pendapat para warganet tentang kemungkinan beroperasinya Gojek di Malaysia, khususnya dalam hal perkembangan perekonomian di Negeri Jiran tersebut.

Anak muda Malaysia, saya perlu suara Anda. Apakah setuju dengan kedatangan Gojek? Di Singapura dan Thailand, kurang dari setahun, ratusan ribu peluang baru tercipta,” tulisnya di akun Twitter pribadinya.

Hasil jajak pendapat tersebut menunjukkan sebanyak 88 persen warganet setuju dengan kehadiran Gojek.

Sementara itu, Loke Siew Fook, Menteri Transportasi Malaysia menyebut proposal tentang ekspansi Go-Jek akan segera didiskusikan kabinet. Hal ini berarti, Malaysia akan menjadi negara keempat di Asia Tenggara selain Indonesia yang menjadi tempat beroperasinya Gojek setelah Thailand, Singapura, dan Vietnam.

Kalau menurut Millens, ekspansi Gojek di Malaysia ini keren nggak sih? (IB09/E04)