Malas Pakai Kaus Kaki, Tapi Nggak Mau Sepatumu Bau? Berikut 6 Cara Hilangkan Baunya

Menggunakan kaus kaki biasanya akan membantumu mencegah sepatu menjadi bau, tapi bagaimana kalau nggak biasa pakai kaus kaki? Nah, 6 cara ini bisa membantumu mencegah bau sepatu meski nggak pernah pakai kaus kaki.

Malas Pakai Kaus Kaki, Tapi Nggak Mau Sepatumu Bau? Berikut 6 Cara Hilangkan Baunya
Sepatu bau. (Wowkeren.com)

Inibaru.id –  Masalah bau sepatu memang bikin sebal ya Millens. Meski sudah disemprot parfum, baunya malah tambah parah. Bau nggak enak sepatu biasanya datang karena keringat yang menempel di bagian dalam sepatu dan nggak terserap dengan baik. Kondisi bagian dalam sepatu akan lembab sehingga memunculkan bau nggak sedap.

Penggunaan kaus kaki memang disarankan untuk mengurangi dampak tersebut, tapi ternyata nggak semua orang terbiasa memakai kaus kaki. Apalagi kalau memakai sneakers yang memang nyaman tanpa kaus kaki.

Nah, bagi kamu yang nggak mau pakai kaus kaki, ikuti cara ini yuk! Supaya sepatumu nggak bau.

Jaga kakimu agar tetap kering

Mengeringkan kaki. (www.shoopaz.com)

Kompas.com, Jumat (15/2/2019), menulis, menurut ahli podiatris Joy Rowland, DPM., bau tak sedap di kaki biasanya terjadi karena area sepatu yang lembap. Nah, cara mudah untuk menghindari bau ialah dengan menjaga kaki dan sepatu untuk tetap kering.

Kamu hanya perlu sering-sering membuka sepatu dan membiarkan kaki terkena angin. Nggak hanya itu, memilih bahan alami untuk sepatu juga penting seperti katun atau kulit yang memungkinkan kelembapan di kaki menguap dan nggak terperangkap.

Rajin membersihkan kaki

Mencuci kaki.(khoobsurati.com)

Menjaga kebersihan kaki juga merupakan kunci untuk mencegah sepatu bau. Cara membersihkannya, kamu bisa merendam kaki dengan garam Epsom dalam baskom berisi air hangat. Rendamlah selama sekitar 10 hingga 20 menit sebanyak dua kali dalam seminggu. Cara ini akan membantu menghilangkan bakteri dari kaki.

Selain garam Epsom, kamu juga bisa menggunakan cuka apel sebanyak dua tetes selama 15 hingga 20 menit. Namun jika kamu memiliki luka atau lecet terbuka, lebih baik menggunakan garam karena cuka akan membuat lukamu iritasi.

Saat dibersihkan, jangan lupa untuk menggosok setiap sela-sela jari kaki. Setelah selesai, pastikan kakimu telah dikeringkan dengan benar sebelum nantinya memakai sepatu.

Keringkan sepatu sebelum dipakai

Keringkan sepatu. (wowkeren.com)

Jika sebelumnya kamu kehujanan atau berkegiatan lain sehingga sepatumu basah, mengeringkan sepatu harus kamu lakukan untuk mencegah bau tak sedap. Selain mencegah bau, mengeringkan sepatu juga akan menjaga sepatu tetap awet. Keringkan sepatu di bawah sinar matahari atau di angin-anginkan di luar ruangan. Saat mengeringkan, coba masukkan kertas atau tisu makan untuk membuatnya lebih cepat kering.

Memakai antiperspiran atau bedak

Menyemprot sepatu. (shutterstock)

Jika kakimu sering berkeringat dan nggak nyaman pakai kaus kaki, kamu bisa menggunakan antiperspirant. Antiperspirant adalah larutan yang membentuk gel yang bisa membantu mengurangi jumlah keringat yang diproduksi. Antiperspirant yang mengandung alkohol akan membuat kaki kering lebih cepat dan memberikan sensasi segar. Kamu juga bisa menggunakan bedak bayi untuk menyerap kelembapan kaki. Bedak bayi yang wangi juga akan memberikan aroma untuk menutup bau tak sedap sepatu.

Jangan menggunakan hanya satu sepatu berulang kali

(Intisari.Grid /Moh Habib Asyhad)

Menggunakan satu sepatu yang sama selama berhari-hari akan menimbulkan bau nggak sedap meski kamu menjaga kakimu tetap kering. Setidaknya kamu memiliki satu sepatu lagi untuk digunakan bergantian sehingga ada waktu bagi satu sepatumu untuk terkena angin lebih lama. Kamu juga harus mencuci sepatu setidaknya sebulan sekali.

Menaruh baking soda, teh, atau bubuk kopi di dalam sepatu

Menaruh kantung teh ke dalam sepatu. (wowkeren.com)

Baking soda, kantung teh, dan kopi sangat berguna untuk menghilangka bau sepatu. Caranya, kamu hanya perlu menaruh salah satu bubuk tersebut ke dalam kertas saring. Kemudian letakkan saringan di dalam sepatu dan biarkan semalaman.

Itulah beberapa cara untuk mencegah sepatumu berbau tak sedap bila kamu nggak pakai kaus kaki. Selamat mencoba ya! (IB07/E05)