31 Juli 2018, Mars Berada di Titik Terdekat dengan Bumi

31 Juli 2018, Mars Berada di Titik Terdekat dengan Bumi
Mars akan ada di titik terdekat dengan Bumi. (The Sun)

Mars akan terlihat jelas dari Bumi pada Selasa (31/7) malam pukul 22.00 atau Rabu (1/8) pagi waktu Indonesia. Ini karena Mars berada di titik terdekat dengan Bumi.

Inibaru.id - Setelah menikmati fenomena gerhana bulan merah darah pada Sabtu (28/7/2018), kamu akan kembali disuguhkan fenomena langit yang memukau. Kali ini kamu bisa melihat Mars secara langsung dari langit Indonesia karena Mars sedang berada di titik terdekat dengan Bumi.

Fenomena yang bernama Mars Close Approach ini akan terjadi pada Selasa (31/7) malam. Saat itu, Mars akan berada di jarak 57,6 juta kilometer dari Bumi. Namun, warga Indonesia baru bisa melihat fenomena itu pada Rabu (1/8) pagi.

Ketua Lembaga Penerbangan dan Antariksa Nasional (LAPAN) Thomas Djamaluddin mengatakan Mars akan terlihat di langit bagian timur Indonesia sebelum tengah malam.

"Sebelum tengah malam di langit bagian timur akan terlihat bintang terang dengan warna kemerahan," ungkap Thomas seperti ditulis Cnnindonesia.com, Selasa (31/7/2018).

Kendati Mars berada pada jarak paling dekat dengan Bumi, bukan berarti kamu bisa melihat Mars dengan ukuran yang sangat besar sebagaimana melihat Bulan. Kamu hanya akan melihat Mars sebagai bintang terang berwarna kemerahan di langit. Untuk melihat detail Planet Merah itu, kamu membutuhkan teleskop, Millens.

Fenomena Mars Approach hanya terjadi sekitar 15-17 tahun sekali. Sebelum ini, fenomena serupa pernah terjadi pada 2003 lalu. Saat itu, Mars hanya berjarak 56,17 juta kilometer dari Bumi. Jarak tersebut adalah yang paling dekat dalam 60 ribu tahun terakhir.

Oh iya, pastikan kamu nggak ketinggalan melihat fenomena ini ya. Kalau ketinggalan, kamu baru akan bertemu fenomena itu pada 6 Oktober 2020 mendatang dengan jarak antara Mars dan Bumi sekitar 62,07 juta kilometer seperti ditulis Nasa.gov.

Selamat menikmati keindahan Mars, Millens. (IB09/E04)