Maksimalkan Kualitas Tidur dengan Empat Kebiasaan Sehat Ini Yuk!
Istirahat yang cukup bikin badan lebih segar dan bugar. (Essence)

Maksimalkan Kualitas Tidur dengan Empat Kebiasaan Sehat Ini Yuk!

Selain berolahraga serta mengonsumsi makanan bergizi, kualitas tidur memberi dampak besar pada tubuh lo. Untuk mendapatkan tidur yang berkualitas, lakukan dulu hal-hal ini yuk!

Inibaru.id – Selain makan, tidur adalah kebutuhan utama yang gak bisa kamu anggap remeh lo. Tidur menjadi waktu bagi tubuh untuk beristirahat. Nah, jika kamu merasa kualitas tidurmu berkurang, mungkin ada beberapa kebiasaan yang perlu diubah. Dengan empat kebiasaan baru ini, dijamin bakal bikin tubuhmu lebih segar.

Jauhkan Diri dari Perangkat Elektronik

https://biohomecares.com/wp-content/uploads/BioHomeCares-Cleaning-laptop-and-smartphone-spills-and-stains.jpg

Jangan gunakan gawai saat akan tidur. (Bio Home Cares)

Banyak orang mengalami gangguan tidur karena fokus pada gawai. Selain gawai, menggunakan perangkat elektronik seperti laptop selama berjam-jam juga meningkatkan hormon kortisol yang memicu stres. Sebaiknya, sebelum tidur hindari menggunakan alat-alat tersebut ya, Millens. Fokuslah melakukan kegiatan lain seperti membaca atau ngobrol dengan orang tersayang.

Rutin Olahraga

https://d2ebzu6go672f3.cloudfront.net/media/content/images/bigstock-Two-Women-Doing-Yoga-Workout-A-76765064.jpg?width=600

Olahraga teratur bikin tidur lebih pulas. (Now U Know)

Percaya atau enggak, rutin olahraga ternyata bikin tidurmu lebih lelap, lo. Ini karena tubuh yang aktif bergerak akan menstimulasi beberapa fungsi penting organnya. Dengan olahraga, kadar gula akan stabil, organ hati akan bersih, dan jaringan berhasil melakukan regenerasi. Fungsi tubuh bakal berjalan maksimal berkat kualitas tidur yang baik.

Biasakan Tidur di Jam yang Sama

https://d2ebzu6go672f3.cloudfront.net/media/content/images/sleep-clock-sleeping-woman.jpg

Tidur di jam yang sama bikin tubuh lebih terjadwal untuk istirahat. (Harvard)

Beberapa ahli mengatakan pukul 8 hingga 10 adalah waktu yang ideal untuk tidur. Namun, bukan berarti kamu bisa seenaknya mengubah jadwal ya. Dengan membiasakan tidur di jam yang sama, kualitas tidur akan lebih baik ketimbang yang nggak teratur.

Konsumsi Makanan dan Minuman yang Sehat

https://khadijabeauty.com/wp-content/uploads/2018/08/1.jpg

Air lemon bikin pegal-pegal di sendi hilang, lo. (Khadija Beauty)

Selain olahraga, makanan dan minuman yang sehat juga berpengaruh, lo. Kamu yang doyan kafein, sebaiknya mulai berhenti mengonsumsinya karena dapat meningkatkan hormon kortisol dalam tubuh. Untuk menggantinya, biasakan minum air lemon hangat.

Sudah menerapkan langkah-langkah itu? Kamu yang pengin awet muda tentu perlu melakukannya. Dengan tidur yang cukup, nggak hanya tubuh yang sehat, kualitas kulit pun terjaga.

jadi perhatikan kualitas tidurmu ya, Millens! (IB15/E06)