Ganti Logo, Begini Makna Solv Gojek

Ganti Logo, Begini Makna <em>Solv</em> Gojek
Logo baru Gojek. (Techinasia)

Gojek memutuskan untuk mengganti logonya dengan yang baru. Logo bernama Solv ini memiliki filosofi yang cukup dalam, lo. Seperti apa sih maknanya?

Inibaru.id – Gojek kembali mengeluarkan inovasi baru. Awal pekan ini, Gojek memperkenalkan logo barunya yang lebih keren bernama Solv. Apa sih filosofi dari logo baru ini?

Laman Kompas, Senin (22/7/2019) menulis Gojek menyebut logo baru ini sebagai simbol dari berbagai solusi yang ditawarkan kepada pelanggannya. Nama Solv juga diambil dari “Solve”, kata dari Bahasa Inggris yang artinya adalah memecahkan masalah atau memberikan solusi. Desain Solv disebut-sebut lebih unik, lebih fleksibel, dan akan lebih mudah diingat pelanggan dibandingkan dengan logo sebelumnya.

Logo ini juga dianggap fleksibel karena tetap bisa dikenali sekalipun ukurannya kecil. Sebagai informasi, logo Gojek sebelumnya cenderung sulit untuk dilihat saat dibuat dalam ukuran kecil, khususnya di atribut yang dipakai mitra pengemudi. Hal inilah yang menjadi dasar Gojek untuk mengubah logonya.

Logo Solv terlihat layaknya lingkaran yang nggak sempurna namun memiliki titik di bagian tengah. Di bagian bawah logo ini tertulis nama Gojek dengan huruf kecil berwarna putih. Berbeda dengan logo terdahulu, penulisan Gojek kini tanpa tanda hubung seperti Go-Jek. Hanya saja, nuansa hijau yang memang sudah erat dengan Gojek masih sangat kuat di logo terbaru ini.

Di balik kesederhanaan logo baru ini, Solv memiliki filosofi yang mendalam. Sekilas, logi ini layaknya tombol daya di peralatan elektronik yang menunjukkan kekuatan. Hal ini ternyata sesuai dengan misi Gojek yang memberdayakan atau empowering masyarakat.

Solv juga mirip dengan kaca pembesar, simbol pencarian di dunia maya. Hal ini dianggap sesuai dengan misi Gojek yang bisa memenuhi berbagai kebutuhan yang dicari oleh masyarakat, baik itu dalam hal transportasi, kebutuhan makanan, dan layanan lainnya.

Oh iya, logo ini juga tampak seperti titik penanda di peta digital. Hal ini menandakan bahwa Gojek bisa ditemukan di manapun pengguna membutuhkannya. Selain itu, logo ini juga menjadi representasi dari mitra Gojek.

Lebih menarin lagi, logo ini memiliki perbedaan warna sesuai dengan jenis layanan yang bisa dipilih pelanggan. Warna hijau menandakan penggunaan layanan transportasi, warna merah untuk layanan makanan, warna biru untuk pembayaran, warna ungu untuk hiburan, warna jingga untuk kebutuhan sehari-hari, dan warna ungu pekat untuk kebutuhan bisnis.

Wah, logo baru nih! Sobat Millens setuju nggak kalau logo baru Gojek lebih keren? (IB09/E04)