Kilas Balik 2018: Makanan Hit Susul Menyusul Sepanjang Tahun

Kilas Balik 2018: Makanan Hit Susul Menyusul Sepanjang Tahun
Donat mie goreng (Mldspot)

Seperti tahun-tahun sebelumnya, aneka makanan dan camilan unik cepat tenar dan digandrungi masyarakat. Berikut tujuh makanan dan camilan hit selama 2018.

Inibaru.id – Sepanjang 2018, muncul banyak makanan yang ngehit dan bikin heboh masyarakat. Makanan-makanan itu cepat terkenal, tapi sebagian juga cepat dilupakan. Namun, satu hal yang pasti, makanan tersebut menambah daftar khazanah kuliner Indonesia.

Berikut makanan-makanan yang moncer selama 2018. Nggak melulu dijual di restoran mahal, makanan itu justru banyak yang dijual di pinggir jalan.

Sostel

Sostel alias sosis telur mendadak populer selama 2018. (Bacaterus)

Sostel adalah singkatan dari sosis dan telur. Sebagaimana namanya, bahan utama dari makanan ini adalah sosis dan telur dadar. Untuk membuatnya, kamu memerlukan sosis yang panjang kemudian dibalut dengan telur dadar. Sosis yang sudah dibalut telur dadar itu lalu dimasukkan ke dalam penggorengan khusus hingga menjadi sostel yang renyah dan lezat.

Donat Mi Goreng

Donat mi goreng (Meramuda)

Makanan ini mulai hit sekitar Mei 2018. Berawal dari inovasi yang dibuat warga Indonesia di Australia, donat mi itu langsung digandrungi warga Tanah Air.

Nama makanannya boleh saja donat, tapi rasanya sama sekali nggak manis sebagaimana donat pada umumnya. Hal ini karena bahan utamanya adalah mi goreng instan. Untuk membuatnya, kamu hanya perlu membuat mi goreng seperti biasa. Mi itu kemudian dibentuk seperti donat, dikukus, kemudian digoreng. Jadilah donat mi goreng yang renyah dan gurih.

Es Kepal Milo

Es kepal Milo sempat digandrungi masyarakat. (Merdeka)

Es kepal Milo adalah es serut yang dilumuri cokelat dari salah satu merek susu yang telah dikentalkan. Minuman manis ini kemudian ditaburi berbagai macam topping. Es kepal Milo yang sempat hit banget itu diketahui berasal dari Malaysia. Warga Indonesia yang mengetahui minuman itu langsung mencoba membuat es tersebut. Dari situlah, banyak orang yang berbisnis membuka kedai es kepal.

Thai Tea

Thai tea. (Resepkoki)

Selain es kepal, Thai tea juga digandrungi banyak orang sepanjang tahun ini. Teh khas Thailand itu sebenarnya sudah ada di Indonesia sejak beberapa tahun terakhir. Namun, entah mengapa minuman tersebut baru benar-benar populer pada 2018. Kini, para penjual Thai tea membludak dan mudah kamu temukan di pinggir jalan.

Salted Egg Chicken

Salted egg chicken (Cookpad)

Ayam goreng dicampur dengan saus telur asin? Hm, kebayang kan rasanya pasti sangat nikmat. Yap, sebab rasanya itulah Salted Egg Chicken langsung digemari banyak orang, apalagi setelah dipopulerkan salah satu gerai makanan cepat saji.

Thai Mango

Thai Mango. (Craftlog)

Thai Mango terdiri atas jus mangga dan potongan mangga yang dipadukan dengan krim kocok, es krim, serta susu. Di awal kemunculannya, banyak orang yang rela antre lama demi mendapatkan seporsi Thai Mango. Namun, pada akhir tahun, ketenaran Thai Mango mulai menurun.

Nugget Pisang

Nugget pisang. (Craftlog)

Pisang nugget sebenarnya mirip dengan pisang goreng biasa. Hal yang membedakan yakni jajanan tersebut dibalut dengan tepung roti dan diberi tambahan topping di atasnya. Pilihan toppingnya beragam mulai bubuk teh hijau, cokelat, keju hingga meses. Rasa pisang nugget yang nikmat membuat camilan masih bertahan hingga akhir tahun. Bahkan, putra Presiden Joko Widodo Kaesang Pangarep juga membuka bisnis pisang nuget.

Hayo, dari ketujuh makanan itu, makanan atau minuman mana yang pernah kamu coba, Millens? (IB09/E04)