Makanan Ini Paling Laris Dipesan Lewat Ojek Daring Selama Pandemi

Makanan Ini Paling Laris Dipesan Lewat Ojek Daring Selama Pandemi
Pesan makan via ojek online. (Inibaru.id/Triawanda Tirta Aditya)

Masa Pandemi ternyata membawa rejeki  bagi para mitra Gojek di Jawa Tengah. Pasalnya, mereka banjir pesanan, khususnya makanan. Hal ini disebabkan oleh banyak orang yang takut untuk membeli makanan di luar.

Inibaru.id – Pandemi Covid-19 di Indonesia menyebabkan banyak sekali perubahan bagi aktivitas masyarakat, terlebih setelah diterapkannya PSBB (pembatasan Sosial Berskala Besar). Segala kegiatan yang dilakukan pun menjadi terbatas. Namun hal ini nggak berpengaruh bagi mitra ojek daring. Meski mereka dilarang mengangkut penumpang, pesanan makanan justru semakin meningkat.

Fenomena ini dapat dilihat di kota Semarang dan Solo. Di kedua kota tersebut, pesanan makanan yang diterima pengemudi ojek daring melonjak drastis. Hal ini diungkap oleh Head of Regional Corporate Affairs Gojek Jateng dan DIY Arum K Prasodjo. Dia menyebut angka pesanan makanan di Semarang naik hingga 11 persen.

“Di Semarang, pendapatan sekaligus pesanan GoFood naik 11 persen. Untuk kota Solo juga ada pertumbuhan yang positif. GoFood juga naik 12 persen,” kata Arum.

Selain Semarang, para mitra tempat makan di Yogyakarta pun mengatakan kalau usahanya mengalami kenaikan pesanan hingga 13 persen dari kondisi sebelum masa pandemi Corona.

Memesan makanan secara daring. (Inibaru.id/Triawanda Tirta Aditya)
Memesan makanan secara daring. (Inibaru.id/Triawanda Tirta Aditya)

Arum menyebut mitra Gojek kebanjiran pesanan makanan dari konsumen yang lebih memilih untuk beraktivitas dan berada di rumah aja. Padahal, mereka juga ingin tetap menyantap makanan kesukaan. Berkat adanya aplikasi pemesanan makanan seperti di ojek daring, mereka pun memilih untuk memaksimalkannya meski harus membayar lebih.

Terdapat beberapa jenis makanan yang paling sering dipesan di masa pandemi. Makanan-makanan tersebut adalah ayam geprek, nasi goreng, serta minuman kopi kekinian.

“Waktu pemesanan tertinggi terjadi pada pukul 18.00-20.00 yang terjadi sebelum Ramadan, dan pukul 16.00-19.00 WIB saat bulan Ramadan tiba. Pesanan favorit pembeli saat pandemi yaitu kopi, ayam geprek, dan nasi goreng,” tutur Arum.

Kenaikan order makanan via ojek daring ini telah terjadi sejak awal bulan Mei 2020. Gojek mengaku mengalami peningkatan transaksi pesanan makanan hingga 10 persen dibandingkan dengan bulan sebelumnya. Beberapa penjual camilan juga mengalami keuntungan berkat naiknya pesanan sebanyak 30 persen.

Nggak hanya pengemudi ojek daring yang senang, para pelaku usaha makanan dan camilan pun sangat terbantu akibat hal ini, khususnya bagi pelaku UMKM yang harus berjuang keras mengatasi masa sulit akibat pandemi Covid-19.

“Kami optimis bahwa dengan bersama-sama, pasti ada jalan untuk terus bertahan melalui masa sulit ini,” kata Arum.

Apakah kamu juga ikut andil dalam meningkatkan pesanan makanan di ojek daring selama masa pandemi, Millens? Makanan apa nih yang biasanya kamu pesan? (Idn/MG31/E07)