Makan Pakai Tangan Kok Lebih Enak? Ternyata Ini Alasannya

Makan Pakai Tangan Kok Lebih Enak? Ternyata Ini Alasannya
Makan dengan tangan. (Malaysiahotels.biz)

Banyak orang yang lebih suka makan dengan tangan karena merasakan kenikmatan yang lebih terasa. Kok bisa ya? Ternyata ada lo alasannya. Yuk, simak!

Inibaru.id - Sebagai orang Indonesia, pasti sudah nggak asing lagi dengan kebiasaan makan pakai tangan alias nggak pakai alat makan seperti sendok, garpu, atau pisau. Nah, kamu tahu nggak kalau ternyata cara makan bisa memengaruhi seberapa banyak porsi makan kita, lo.

Ada sebuah penelitian yang dipublikasikan di Journal of Retailing yang bertujuan untuk mencari cara  meningkatkan komsumsi pelanggan retail makanan.  Hasil penelitian ini juga bisa kamu jadikan pedoman untuk membantu menambah selera makan atau mengerem kebiasaan makan berlebihan.

Penelitian yang dipimpin Adriana Madzharov dari Stevens Institute of Technology ini mempelajari empat pengalaman makan para partisipan. Hal ini dilakukan untuk menyelidiki bagaimana makan menggunakan tangan kosong memengaruhi persepsi terhadap makanan dan memengaruhi jumlah makanan yang kita konsumsi. 

Makan dengan tangan lebih sehat. (Honestdocs)
Makan dengan tangan lebih sehat. (Honestdocs)

Temuan penelitian ini menunjukkan kalau kita cenderung memiliki selera makan lebih besar dan merasa lebih bahagia saat bisa menyentuh makanan langsung dengan tangan kosong. Sensasi ini sangatlah berbeda jika dibandingkan dengan makan dengan memakai alat seperti sendok, garpu, atau pisau.

Penelitian ini pun membuktikan bahwa makan dengan tangan memang rasanya lebih nikmat. Bahkan, saat kamu ngemil gorengan atau pop corn, sangat sulit untuk terus memakannya. Selain itu, jika dicermati, makan pizza dengan tangan rasanya juga jauh lebih nikmat dibandingkan dengan makan pizza dengan pisau dan garpu.

Hasil penelitian ini bisa kamu jadikan patokan untuk mengontrol nafsu makan atau justru meningkatkan selera makanmu. Kalau kamu ingin mengontrol kebiasaan makanmu yang berlebihan, bisa mulai membiasakan makan ayam goreng, kentang goreng, atau makan-makanan lainnya pakai alat makan. Tapi kalau kamu mau meningkatkan selera makan, cobalah untuk makan pakai tangan kosong.

Meski rasanya jadi lebih nikmat, pastikan untuk selalu mencuci tangan dengan sabun sebelum makan dengan tangan, ya, Millens? Jadi tangan kamu nggak lagi kotor dan penuh kuman. (Fem/MG30/E07)