Main Internet Saat Naik Pesawat, Gimana Caranya?

Main Internet Saat Naik Pesawat, Gimana Caranya?
Main internet saat naik pesawat kini bisa dilakukan. (Inibaru.id/Triawanda Tirta Aditya)

Biasanya, kita diminta untuk mematikan ponsel atau gawai lainnya saat naik pesawat agar nggak mengganggu penerbangan. Tapi, kini kamu bisa main internet saat naik pesawat, lo. Gimana ya, caranya?

Inibaru.id – Kalau naik pesawat, kamu pasti diminta untuk mematikan ponsel. Ya, setidaknya, ada juga yang masih mengizinkan kamu untuk menggunakan ponsel dalam mode pesawat alias flight mode. Tapi, apakah sebenarnya nggak ada cara untuk main internet saat main pesawat?

Kalau kamu tetap nekat mengaktifkan sinyal atau bahkan paket data ponsel, bisa jadi sinyalnya akan mengganggu komunikasi pesawat, khususnya antara pilot dengan pusat pengendali lalu lintas di bandara. Hal ini tentu bisa membahayakan penerbangan, bukan?

Untungnya, ada solusi bagi kamu yang nggak pengin bosan sembari melakukan penerbangan. Ada lo cara agar kamu tetap bisa memakai internet saat naik pesawat. Seperti apa ya caranya?

Kalau Naik Garuda

Kalau kamu naik pesawat dari maskapai Garuda Indonesia, ternyata sudah ada lo layanan internet yang disediakan. Jadi, para penumpang tetap bisa internetan dengan aman dan nyaman tanpa mengganggu fungsi pesawat. Layanan ini bahkan bisa dinikmati para penumpang dari kelas ekonomi hingga kelas utama (first class). Sayangnya, nggak semua pesawat sudah menyediakannya.

Jadi, pesawat Garuda Indonesia berjenis Boeing 777-300 ER hingga Airbus A330-200/300 yang sudah menyediakan layanan internet ini. Sayangnya, layanan ini nggak gratis. Untuk satu jam layanan internet di dalam pesawat, kamu haus membayar Rp 177 ribu. Kalau perjalananmu lebih lama dan membutuhkan internet 24 jam, biayanya lebih tinggi lagi, yakni Rp 326 ribu.

Sejumlah maskapai sudah menyediakan layanan internet di pesawat. (Inibaru.id/Triawanda Tirta Aditya)
Sejumlah maskapai sudah menyediakan layanan internet di pesawat. (Inibaru.id/Triawanda Tirta Aditya)

Kalau Naik Citilink

Beda lagi kalau kamu naik pesawat dari maskapai Citilink. Sejak Desember 2020, maskapai ini memang sudah menyediakan layanan internet. Sayangnya, layanan ini hanya bisa dinikmati oleh pesawat dengan rute Cengkareng (Bandara Soekarno-Hatta) – Denpasar, Bali.

Nah, kalau kamu ingin menggunakan layanan ini, cukup mengkoneksikan gawai kamu ke perangkat Wi-Fi yang sudah disediakan. Wi-Fi ini sudah memakai teknologi GX Aviation. Jadi, kamu tetap bisa internetan dengan aman, deh.

Kalau Naik Sriwijaya Air

Nah, maskapai lokal lainnya yang juga menyediakan layanan internet di dalam pesawat yang sedang mengudara adalah Sriwijaya Air. Maskapai ini sudah menyediakan SJ-in-Flight-Entertainment atau juga yang dikenal sebagai Air-Fi. Mirip-mirip dengan Wi-FI cuma bisa dipakai di dalam pesawat yang sedang terbang.

Cara penggunaannya mirip dengan Wi-Fi di Citiink, yakni kamu tinggal mengkoneksikan saja layanan ini dengan ponselmu.

Kalau Naik Air Asia

Air Asia juga menyediakan layanan internet di pesawat bernama ROKKI. Sayangnya, layanan ini nggak gratis, Millens. Itupun hanya ada di penerbangan yang memakai kode PK-AXV. Nah, kalau mau membeli paket internet Chang 3 MB, harganya Rp 30 ribu. Kalau paket internet 10 MB, harganya adalah Rp 60 ribu.

Main internet di pesawat ternyata ada solusinya, Millens. Jadi nggak gabut lagi deh selama penerbangan. (Buz/IB09/E05)