Laris, Mahasiswa Undip Semarang Bikin Susu dan Yoghurt Berbahan Baku Terong

Laris, Mahasiswa Undip Semarang Bikin Susu dan Yoghurt Berbahan Baku Terong
Rumah Olahan Terong (ROT) adalah hasil kreatif dari mahasiswa Undip Semarang. (ROT)

Mahasiswa Universitas Diponegoro (Undip) Semarang mendirikan ide bisnis kreatif berbahan baku terong. Seperti apa hasilnya?

Inibaru.id - Sekelompok mahasiswa Universitas Diponegoro (Undip) Semarang menunjukkan kreativitasnya. Kali ini mereka berhasil membuat makanan dan minuman dengan memanfaatkan terong. Mendirikan Rumah Olahan Terong (ROT), mereka mengolah terong menjadi berbagai produk. O ya, bisnis ini menjadi bagian dari Program Kreativitas Mahasiswa Kewirausahaan (PMK-K) yang didanai oleh Kementerian Riset dan Pendidikan Tinggi.

Produk unggulan ROT terdiri dari, Crispi Terong, Susu Terong, Yoghurt Terong. Kulit terong dipercaya dapat mengurangi risiko terjadinya penyakit kardiovaskuler karena mengandung antioksidan antosianin. Hm, menarik ya?

Para pengelola ROT merupakan mahasiswa Program Studi S1-Ilmu Keperawatan Fakultas Kedokteran. Mereka adalah Ali Ikasan Adi Saputro, Mustika Suci, Susilatuti, Fadia Primadesty Putri, Niken Kusumaningrum, dan Sri Wahyuti Nuri Mawarni.

“Rumah Olahan Terong ini tidak hanya menggunakan daging terong saja, tetapi juga kulit terong. Daging terong digunakan sebagai bahan crispi dan kulitnya sebagai bahan di susu dan yoghurtnya. Soalnya di kulit terong itu mengandung antosianin yang bermanfaat untuk jantung,” ujar Ali Iksan.

Aspek yang menarik minat banyak orang itu salah satunya adalah harga yang terjangkau bagi kalangan mahasiswa. Karena itu, permintaan pasar pun nggak pernah berhenti mengalir. Selain itu ROT juga memiliki misi khusus agar dapat menjadi motivasi bagi mahasiswa untuk berbisnis dan mengembangkan usahanya yang kemudian nantinya, diharapkan bisa membuka peluang kerja bagi masyarakat.

Lebih dari itu, ROT juga mendapatkan apresiasi dari kampus lain. Salah satunya seperti yang diungkapkan oleh Presiden Badan Eksekutif Mahasiswa (BEM) Universitas Gajah Mada (UGM), “Luar Biasa. Maknyus. Pokoknya tetap sukses untuk teman-teman sekalian, salam kebaikan,” komentarnya.

Hmm, brilian juga ide bisnis dari mahasiswa Universitas Diponegoro (Undip) Semarang ini ya, Millens. Yuk, kamu juga bisa dong bikin ide bisnis kreatif seperti ini. (IB28/E05)