Lupis Mbah Satinem Masuk dalam Film Dokumenter Netflix

Lupis Mbah Satinem Masuk dalam Film Dokumenter Netflix
Cuplikan trailer serial dokumenter Street Food musim pertama. (Medcom.id)

Netflix merilis sebuah trailer untuk serial dokumenternya Street Food. Dalam trailer tersebut, Indonesia menjadi salah satu negara yang akan disorot kulinernya, yakni Lupis Mbah Satinem asal Yogyakarta yang legendaris.

Inibaru.id – Netflix baru-baru ini merilis trailer untuk serial dokumenter terbarunya Street Food. Serial dokumenter itu adalah garapan keempat Netflix yang berfokus untuk membahas seni kuliner. Dalam Street Food, salah satu kuliner Indonesia yang legendaris juga turut disoroti yakni lupis Mbah Satinem di Yogyakarta.

Laman Medcom, Kamis (11/4/2019), menulis, dalam sinopsis resmi, penyedia layanan media streaming digital itu menuliskan serial baru tersebut sebagai “Perjalanan budaya menyusuri makanan kaki lima dan menemukan kisah orang-orang yang membuat hidangan penuh rasa”.

Sesuai dengan tujuan itu, dokumenter ini rencananya nggak hanya akan bercerita tentang makanan khas lokal di setiap negara. Mereka juga bakal menyajikan kisah orang-orang di baliknya, Millens.

Nah, ini juga termasuk kehidupan Mbah Satinem yang ejak 1963 sudah berjualan lupis. Hingga sekarang, perempuan berusia senja itu juga masih menjajakan kue lupisnya di Timur Pesona Tugu Yogyakarta atau Jalan Pangeran Diponegoro Yogyakarta.

Selain lupis Mbah Satinem, edisi Indonesia ini juga akan mengisahkan gudeg buatan Mbah Lindu serta mie lethek khas Bantul dari Yasir Feri Ismatrada.

Sementara itu, hidangan Asia lainnya yang akan ditampilkan antara lain omelet kepiting dan sup tom yum buatan Jay Fai (Bangkok), tuna bakar buatan Toyo dan okonomiyaki buatan Goshi (Jepang), chaat buatan Dalchand Kashyap (India), dan siput buatan Truoc (Vietnam).

Ada pula sup kepala ikan buatan Grace Chia Hui Lin (Tiongkok), kepiting asin kedelai buatan Gunsook Jung (Korea Selatan), putu piring buatan Aisha Hashim (Singapura), dan belut terumbu rebus buatan Florencio Escabas (Filipina).

Berdasarkan rencana, serial musim pertama ini akan dirilis pada 26 April 2019. Penasaran pengin nonton? (IB07/E04)