Lupa Sahur? Begini Caranya Agar Kuat Puasa Sampai Berbuka

Lupa Sahur? Begini Caranya Agar Kuat Puasa Sampai Berbuka
Lupa sahur bukan berarti bakal bikin puasa makin berat. (Inibaru.id/Triawanda Tirta Aditya)

Terkadang, kita lupa sahur karena berbagai sebab. Nah, hal ini tentu bikin puasa jadi terasa lebih berat, kan? Padahal, ada lo cara yang bisa kita lakukan agar tetap bisa berpuasa hingga waktu berbuka.

Inibaru.id – Puasa tahun 2021 sudah berjalan lebih dari separuh. Meski kebanyakan orang sudah banyak yang beradaptasi dengan jam tidur yang berbeda, tetap saja ada yang lupa sahur. Kalau sudah begini, puasa tentu akan terasa jauh lebih berat dari biasanya, bukan?

Tapi, lupa sahur nggak bisa kamu jadikan alasan untuk nggak berpuasa. Agar kamu tetap kuat berpuasa hingga azan maghrib berkumandang, coba deh tips-tips berikut ini.

1.       Kamu Nggak Akan Kena Masalah Besar Meski Puasa Tanpa Sahur, Kok

Tahu nggak, Millens, kalau ada banyak orang yang memilih untuk nggak sahur, lo. Biasanya, mereka yang melakukannya sulit untuk bangun tidur di dini hari atau memilih untuk makan dan minum sebelum tidur. Nah, mereka tetap bisa berpuasa seperti biasa keesokan harinya.

Hal ini bukanlah sesuatu yang istimewa. Realitanya, tubuh kita tetap bisa puasa dan melakukan berbagai aktivitas. Realitanya, manusia tetap bisa hidup meski nggak makan apapun selama 3 pekan. Nah kalau soal minuman, tubuh manusia tetap bisa bertahan hidup meski nggak minum selama beberapa hari hingga 1 minggu.

Kalau kamu menanamkan pola pikir ini, dijamin puasamu nggak bakal terasa berat meski lupa sahur, deh.

2.       Mandi dengan Air Dingin

Sebenarnya, sebagian besar orang Indonesia mandi dengan air dingin karena suhu udara yang cenderung panas. Nah, ternyata trik ini juga bisa kamu pakai agar tetap bisa kuat berpuasa seharian meski lupa sahur, Millens.

Mandilah saat cuaca sedang sangat panas seperti di tengah hari atau sore hari. Hal ini akan membuat badanmu jadi segar kembali dan kuat berpuasa hingga maghrib tiba.

Ada sejumlah cara agar tetap kuat puasa meski nggak sahur. (Inibaru.id/Triawanda Tirta Aditya)
Ada sejumlah cara agar tetap kuat puasa meski nggak sahur. (Inibaru.id/Triawanda Tirta Aditya)

3.       Jangan Memaksakan Diri

Cobalah menahan diri untuk nggak melakukan aktivitas berat, apalagi yang dilakukan di bawah sinar matahari yang terik dan panas. Bisa-bisa kamu lemas karena kehausan, Millens. Jika memang ada pekerjaan yang mendesak, mintalah bantuan orang lain agar bisa segera diselesaikan. Kamu juga bisa menghindari kecelakaan karena kurang berkonsentrasi, Millens.

Jika memang harus ke luar rumah, bawa topi, payung, atau penutup tubuh lainnya agar nggak terpapar sinar matahari langsung. Hal ini bisa membuatmu mencegah dehidrasi.

4.       Sibukkan Diri

Kalau kamu kebetulan kerja di rumah saat puasa karena pandemi, cobalah untuk terus melakukan kesibukan seperti menyelesaikan pekerjaan yang sebelumnya terbengkalai. Nah, kalau kamu sudah nggak ada kerjaan lagi, coba deh menulis, membaca, dan melakukan hal lain agar waktu bisa lebih cepat berlalu.

5.       Tidur

Meski terkesan sepele, tidur ternyata bisa membantumu menghemat energi, lo. Meski begitu, jangan tidur berlebihan juga karena hal ini justru membuatmu bakal semakin mudah lemas. Tidurlah saat mulai merasa mengantuk, sekitar 15-30 menit, agar energimu kembali.

Nah, sudah tahu kan tips agar tetap kuat berpuasa meski lupa sahur, Millens? (Tok/IB09/E05)