Lukisan Tertua di Dunia, Babi Kutil Sulawesi di Dinding Gua Leang Tedongnge

Lukisan Tertua di Dunia, Babi Kutil Sulawesi di Dinding Gua Leang Tedongnge
Lukisan tertua di dunia berada di Sulawesi. (Kompas/Griffith University/Maxime Aubert)

Ternyata, lukisan tertua di dunia ditemukan di Indonesia. Lukisan berupa babi kutil Sulawesi itu digambar di dinding Gua Leang Tedongnge

Inibaru.id – Lukisan-lukisan purba memang telah ditemukan di berbagai belahan dunia, tapi konon yang tertua adalah di Indonesia. Lukisan ini ditemukan di Gua Leang Tedongnge yang berlokasi di dekat Makassar, Sulawesi Selatan.

Informasi tentang lukisan tertua di dunia ini diungkap oleh jurnal Science Advances yang terbit pada Rabu (13/1/2021) lalu. Lukisan yang dimaksud adalah gambar Babi Kutil Sulawesi (Sus celebensis), spesies babi hutan berukuran kecil dengan kaki pendek yang saat ini telah punah.

Lukisan babi di dalam gua tersebut diyakini para peneliti sudah ada sejak 45.500 tahun silam, dengan ukuran hanya 136 x 54 sentimeter. Gambar babi kutil ini dilukis dengan pigmen oker (ochre) berwarna merah tua. Di dekat lukisan itu, tepatnya di atas babi, juga ada dua buah cetak tangan manusia.

“Babi yang digambar sepertinya sedang mengamati dua babi lain yang sedang berkelahi atau melakukan interaksi lainnya,” terang Adam Brumm.

Lembah tempat ditemukan lukisan tertua di dunia di Sulawesi. (Goodnewsfromindonesia/NatGeo)
Lembah tempat ditemukan lukisan tertua di dunia di Sulawesi. (Goodnewsfromindonesia/NatGeo)

Para peneliti menentukan umur dari lukisan ini dengan menganalisis unsur uranium yang ada di endapan mineral pada lukisan tersebut. Hasilnya, mereka yakin lukisan ini dibuat oleh manusia lebih dari 40 ribu tahun yang lalu.

Penelitian tentang lukisan ini kali pertama dilakukan pada Desember 2017 lalu. Salah seorang anggota tim yang melakukannya adalah Maxime Aubert dari Griffith University, Australia. Dia mengaku heran dengan lokasi lembah tempat Gua Leang Tedongnge yang dekat dengan kota besar, tapi nggak memiliki askes jalan sama sekali.

Memang, ada sejumlah komunitas petani Bugis yang dekat dengan lembah tersebut. Namun, mereka cukup terisolasi dari dunia luar. Lembah tersebut bahkan hanya bisa diakses saat musim kemarau. Jika musim hujan, lokasi tersebut akan digenangi air.

“Leang Tedongnge seperti berada di masa lalu. Ada gua batu kapur di sana tempat kami menemukan lukisan batu yang nggak pernah dilihat warga setempat sebelumnya,” ujar Aubert.

Lukisan di Gua Leang Tedongnge di dekat Makassar, Sulawesi Selatan. (Kompas/Adhi Agus Oktaviana)
Lukisan di Gua Leang Tedongnge di dekat Makassar, Sulawesi Selatan. (Kompas/Adhi Agus Oktaviana)

Oya, perlu kamu tahu, lukisan tertua juga pernah ditemukan oleh tim yang sama, juga di Sulawesi. Lukisan ini menggambarkan mahluk setengah manusia setengah binatang yang sedang berburu. Diperkirakan, lukisan ini dibuat sekitar 43.900 tahun yang lalu.

Wah, peradaban di Indonesia rupanya sudah ada sejak puluhan ribu tahun lalu ya, Millens! Kamu harus bangga menjadi bagian dari negeri ini. (Goo/IB09/E03)