Luhut Tunda Penyetopan Operasional Bus di DKI Jakarta, Apa Alasannya?

Luhut Tunda Penyetopan Operasional Bus di DKI Jakarta, Apa Alasannya?
Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan. (Okezone)

Terjadinya gelombang mudik ke luar Jabodetabek membuat Pemprov DKI mengeluarkan kebijakan penyetopan operasional bus. Sayangnya Luhut Binsar Pandjaitan memberikan arahan agar hal tersebut ditunda. Gimana selengkapnya?

Inibaru.id - Rencana penyetopan operasional bus dari dan ke DKI Jakarta oleh Dinas Perhubungan DKI Jakarta sedianya akan berlaku pada Senin (31/3/20) pukul 18.00 WIB terpaksa ditunda. Menko Maritim dan Investasi sekaligus Plt Menhub Luhut Binsar Pandjaitan memberikan arahan untuk menunda kebijakan penyetopan operasional bus yang dilakukan oleh Pemprov DKI tersebut.

Jubir Kemenhub Adita Irawati mengatakan bahwa hal ini bukan bersifat membatalkan, namun menunda penutupan bus AKAP dari DKI Jakarta. Melalui Adita, Luhut menyampaikan bahwa kebijakan penghentian operasional sementara bus harus dikaji terlebih dahulu terkait dengan dampak ekonominya.

"Hal ini atas arahan dari Plt Menhub agar pembatasan transportasi ditunda pelaksanaannya sambil menunggu kajian yang lebih komprehensif terkait dampak ekonominya, yang juga sejalan dengan arahan Presiden dalam rapat terbatas hari ini," jelas Adita.

Adita juga menjelaskan bahwa penundaan pelarangan tersebut sudah dibicarakan dengan Dishub DKI.

Anies Baswedan. (RMOL)
Anies Baswedan. (RMOL)

Keputusan penyetopan operasional bus yang dilakukan Pemprov DKI Jakarta ini merupakan tindak lanjut dari arahan Presiden Jokowi kepada kepala daerah agar tegas dalam mencegah warganya untuk mudik demi mencegah penyebaran virus corona. Bahkan, Presiden Jokowi telah mencatat dalam 8 hari terakhir, ada 876 armada antarprovinsi yang membawa 14 ribu pemudik.

Berdasarkan hasil keputusan rapat bersama yang dihadiri oleh Budi Setiyadi, Dirjen Perhubungan Darat Kemenhub. Pemprov DKI mengeluarkan kebijakan penyetopan operasional bus dari dan ke Jakarta mulai Senin (30/03) pukul 18.00 WIB.

Dalam surat edaran Dishub DKI Jakarta tentang penghentian operasional bus disebutkan bahwa jenis operasional yang dilarang sementara diantaranya bus Antar Kota Antar Provinsi (AKAP), Antar Jemput Antar Provinsi (AJAP), dan bus pariwisata yang berdomisili di Jakarta

Tadinya penghentian operasional akan berlaku di dalam terminal maupun lokasi penjemputan atau penurunan lainnya di seluruh wilayah Jakarta. Sayangnya, hasil keputusan ini mengalami penundaan untuk menunggu hasil kajian lebih lanjut.

Menurutmu apakah keputusan Luhutuntuk menunda penyetopan operasional bus ini sudah tepat, Millens? (Kum/MG29/E06)