Luapan Kebanggaan Menpora saat Kontingen Indonesia Raih Juara Umum

Menpora Imam Nahrawi meluapkan kegembiraan seusai mengetahui kontingen Indonesia berhasil meraih predikat Juara Umum dan berjanji akan mengucurkan sejumlah bonus bagi para atletnya.

Luapan Kebanggaan Menpora saat Kontingen Indonesia Raih Juara Umum
Menteri Pemuda dan Olahraga, Imam Nahrawi bersama para atlit ASEAN Para Games 2017. (Foto: beritajatim.com)

Inibaru.id – Mereka berjuang mengalahkan keterbatasan dan memilih menjadi pahlawan bagi Tanah Air. Mentalitas sebagai pemenang sesungguhnya telah ada dalam diri atlet-atlet para games kita tersebut.

Ungkapan penyemangat itu disampaikan Menteri Pemuda dan Olahraga (Menpora) Imam Nahrawi sebagai bentuk apresiasi tertinggi kepada kontingen Indonesia dalam ajang ASEAN Para Games 2017, sebagaimana dilansir dari Antaranews.

Indonesia mengakhiri perebutan juara umum lebih dini, yakni sehari sebelum ASEAN Para Games 2017 berakhir pada 23 September ini.

Timnas berhasil mencapai misi utama dalam ajang olahraga bagi atlet penyandang disabilitas tingkat Asia Tenggara tersebut, yakni sebagai Juara Umum.

Baca juga: Tampil Perdana, Dua Atlet Indonesia Ini Tampil Ciamik pada APG 2017

Nahrawi menegaskan, kemenangan ini seakan menebus kegagalan Indonesia dalam SEA Games yang baru saja berakhir bulan lalu.

Pihaknya juga mengapresiasi Komite Paralimpiade Nasional yang membina dan melatih para atlet para games yang dipusatkan di Solo, Jawa Tengah, bersama Kementerian Pemuda dan Olahraga.

"Pemusatan pelatihan atlet-atlet paragames di Solo memudahkan pengaturan logistik berupa akomodasi dan kebutuhan atlet sehingga persoalan bisa diatasi," ucapnya bangga.

Indonesia memastikan posisi juara umum pada perhelatan olahraga akbar se-Asia Tenggara yang di Kuala Lumpur, Malaysia, pada 17-23 September, ini seusai meraih total 117 medali emas, 69 medali perak, dan 46 medali perunggu pada Jumat (22/9) lalu.

Kendati pekan olahraga ASEAN ke-9 tersebut masih menyisakan satu hari lagi, yakni Sabtu (23/9) ini, pencapaian Indonesia tiada lagi memungkinkan untuk dikejar kontingen lain.

Tuan rumah Malaysia yang menempati urutan kedua mengemas 89 medali emas, 83 perak, dan 77 perunggu. Adapun di peringkat ketiga terdapat Thailand yang mendulang 62 medali emas, 64 perak, dan 83 perunggu.

Baca juga: Akhirnya Kevin/Marcus Jadi Yang Terhebat

Dibutuhkan setidaknya 28 medali emas bagi Malaysia untuk menggeser posisi Indonesia. Sementara, hanya akan ada 19 medali emas dari dua cabang olahraga (cabor) yang diperebutkan hari ini. Maka, apapun hasilnya, Indonesia telah dipastikan sebagai Juara Umum.

Nahrowi berjanji akan memberikan bonus kepada para atlet peraih medali ASEAN Para Games 2017 sebagai bentuk perhatian pemerintah sekaligus amanat Presiden Joko Widodo.

"Insya Allah saya akan menyambut para pahlawan olahraga kita," janjinya.

Ia berharap kemenangan ini bisa menjadi modal bagi Indonesia untuk menyambut Asian Para Games yang akan berlangsung di Jakarta pada 2018. (GIL/SA)