Jalan Panjang Ekspansi Tik Tok ke Indonesia

Jalan Panjang Ekspansi Tik Tok ke Indonesia
Meski bukan berasal dari Indonesia, keberadaan Tik Tok dengan cepat diterima masyarakat Tanah Air. (Scmp.com)

Berawal dari Tiongkok, Tik Tok dengan cepat menyebar ke berbagai negara termasuk Indonesia. Begini jalan panjang yang dilalui Tik Tok

Inibaru.id – Saat ini, aplikasi lipsync Tik Tok sangat digandrungi remaja di Indonesia. Berawal dari Tiongkok, Tik Tok cepat menyebar ke negara lain berkat artis-artis luar negeri menggunakan aplikasi ini.

Sebelum meledak di Indonesia, aplikasi yang dikembangkan Toutiao ini lebih dulu populer di Thailand dan negara asalnya, Tiongkok. Hingga Maret 2018, Tik Tok telah diunduh sekitar 50 juta pengguna di seluruh dunia. Indonesia bahkan tercatat sebagai negara dengan pengguna Tik Tok terbanyak keenam, lo.

Tik Tok berasal dari Tiongkok. (Youtube.com)

Tik Tok yang dalam bahasa Mandarin disebut Douyin itu dirilis pada 1 September 2016 lalu. Dengan Tik Tok, kamu bisa membuat video berdurasi 15 detik. Data statistik Tik Tok menyebut pengguna mereka kebanyakan adalah anak-anak muda berusia di bawah 24 tahun.

Pada Mei 2017, penonton video Tik Tok untuk kali pertamanya mencapai angka 100 juta per hari. Jumlah ini terus meningkat ketika Tik Tok resmi diluncurkan di Indonesia pada September 2017. Tiga bulan berikutnya, tepatnya November, penonton video Tik Tok mencapai 1 milyar.

Tik Tok dimainkan oleh berbagai kalangan. (Tribunnews.com)

Aplikasi ini bisa dibilang mirip dengan pendahulunya, yakni Musical.ly. Hal yang membedakan antara keduanya yakni Musical.ly cenderung populer di kalangan anak muda di negara Barat, sedangkan Tik Tok lebih banyak diakses orang-orang di negara Timur. Nggak hanya menarik minat anak muda, Tik Tok juga digunakan para selebriti papan atas seperti Lee Jong Suk dan Ria Ricis.

Selain dimainkan para selebriti, aplikasi ini juga melahirkan selebriti baru. Sebut saja Nurrani Aisyah dan Bowo Alpenliebe yang namanya sedang naik daun di kalangan remaja. Berkat Tik Tok, mereka kebanjiran endorse dan tawaran menggiurkan lainnya.

Oh iya, Tik Tok juga secara nggak langsung memopulerkan lagu-lagu yang awalnya nggak terlalu dikenal masyarakat, lo. Contoh lagu yang meledak di Indonesia berkat Tik Tok adalah "Lagi Syantik" Siti Badriah dan "Jatuh Cinta pada Jamilah" yang dinyanyikan DJ Aisyah.

Semula nggak banyak orang yang tahu lagu-lagu tersebut. Namun, karena saking banyaknya pengguna Tik Tok yang menggunakan lagu-lagu itu untuk video mereka, perlahan dua lagu itu meraih popularitasnya. Wah, penyanyinya untung banyak nih. Ha-ha.

Hayo, siapa nih yang suka Tik Tok-an? (Artika Sari/E04)